Gabung Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam Bakal Setim dengan Anak Shin Tae-yong

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 22 Januari 2021 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 22 51 2349312 gabung-ansan-greeners-asnawi-mangkualam-bakal-setim-dengan-anak-shin-tae-yong-jUnb8q1nKM.jpg Asnawi Mangkualam (Foto: Instagram/@asnawi_bhr)

ANSAN – Bek kanan Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Asnawi Mangkualam, telah mencatatkan kiprah baru dalam kariernya sebagai pesepakbola. Pasalnya, ia dikabarkan telah bergabung dengan klub kasta kedua Liga Korea Selatan (K-League 2) yakni Ansan Greeners.

Kabar bergabungnya Asnawi itu dilaporkan media Korea Selatan, KBS, pada Jumat (22/1/2021), dengan mengutip pernyataan kepala tim Ansan Greeners FC, Joo Chan-yong. Menurut KBS, Asnawi menjadi pemain pertama Indonesia merumput di Korea Selatan.

Asnawi Mangkualam

“Pada 19 (Januari) diputuskan untuk mengontrak bek Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Bahar. Jangka waktu kontrak yang ditetapkan yaitu satu tahun ditambah satu tahun sebagai opsi,” ujar Joo, melansir dari KBS, Jumat (22/1/2021).

Pada satu sisi, pelatih Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong turut membantu kepindahan Asnawi. Shin Tae-yong memberikan rekomendasi kepada manajemen klub Ansan Greeners untuk merekrut pemain yang sebelumnya berkiprah di PSM Makassar tersebut.

Baca juga Bikin Bangga! Pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam Gabung Klub Korea Selatan

“Sebagai seorang bek, ia adalah pemain dengan tekad dan semangat tinggi. Ia akan bekerja dengan baik di K-League," kata Shin Tae-yong.

“Ia pemain muda menjanjikan yang sudah aktif bermain untuk timnas baik di level U-23 maupun senior. Ia berposisi sebagai bek kanan dan memiliki kemampuan bertahan yang baik dengan memanfaatkan postur tubuh,” tambahnya.

Tidak mengherankan jika Ansan Greeners akhirnya mendengarkan rekomendasi dari Shin Tae-yong. Pasalnya anak dari Shin Tae-yong yakni Shin Jae-won juga bergabung dengan klub tersebut.

Akan tetapi, Shin Jae-won sendiri bukan pemain tetap Ansan Greeners, tetapi ia tengah menjalani masa peminjaman dari FC Seoul. Putra Shin Tae-yong sendiri adalah pemain kelahiran 16 September 1998 dan bermain untuk posisi winger.

Asnawi Mangkualam

Shin Jae-won pun memulai kariernya di sepakbola dari 2015-2016 dengan merapat ke Haksung High School dan melanjutkannya ke Korea University (2017-2018). Setelah itu pemain berusia 21 tahun itu mendapat kontrak dari FC Seoul pada Januari 2019 dan kemudian dipinjamkan ke Ansan Greeners.

Kiprah Asnawi dengan Shin Jae-won di Ansan Greeners akan dimulai pada Februari mendatang. Pasalnya kompetisi K-League 2 musim 2021 akan berlangsung sejak bulan depan. Sementara dari hasil musim lalu, Ansan Greeners menempati urutan ketujuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini