Man City vs Brighton, The Citizens Amankan Poin Penuh

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 14 Januari 2021 02:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 14 45 2344059 man-city-vs-brighton-the-citizens-amankan-poin-penuh-qIghgqPaNt.jpg Manchester City vs Brighton & Hove Albion (Foto: Clive Brunskill/REUTERS)

MANCHESTER – Manchester City melakoni lanjutan Liga Inggris musim 2020-2021 dengan menjamu Brighton & Hove Albion di Etihad Stadium, Kamis (14/1/2021) dini hari WIB. Tampil menekan, Man City menyelesaikan laga melawan Brighton dengan kemenangan 1-0.

Berkat kemenangan ini, Man City pun berhasil memperbaiki posisi mereka pada klasemen sementara Liga Inggris 2020-2021. Kini The Citizens –julukan Man City– berada di posisi ketiga dengan perolehan 32 poin hasil dari 16 pertandingan yang sudah mereka mainkan di Liga Inggris 2020-2021.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bertindak sebagai tim tuan rumah, Man City memulai laga melawan Brighton dengan langsung tampil menekan. Alhasil, Man City hampir membuka skor melalui peluang Oleksandr Zinchenko. Namun tembakan yang dilepaskan oleh Zinchenko masih belum tepat sasaran.

Tidak berselang lama, giliran Brighton yang mendapatkan peluang emas perdananya di laga ini. Adalah Joel Veltman yang hampir mencatatkan namanya di papan skor, jika upaya sundulannya tidak dihentikan oleh Ederson Moraes.

Pada menit ke-30, Man City hampir saja membuka keunggulan mereka atas Brighton. Akan tetapi peluang emas Man City melalui tembakan keras Kevin de Bruyne masih berhasil dimentahkan oleh Robert Sanchez, dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk tim tuan rumah.

Man City vs Brighton

Berjarak 4 menit, Man City kembali gagal memaksimalkan peluang emas mereka jadi gol. Kali ini giliran Riyad Mahrez yang membuang kesempatan emas mereka untuk mencetak gol, setelah sontekan kaki kirinya masih melebar di sisi kanan gawang Brighton.

Memasuki 5 menit jelang turun minum, De Bruyne kembali menebar ancaman ke lini pertahanan Brighton yang dipimpin oleh Lewis Dunk. Namun tembakan spekulasi personel tim nasional (Timnas) Belgia itu masih tidak tepat sasaran.

Di pengujung babak pertama, Man City akhirnya berhasil membuka keunggulan atas Brighton. Adalah Phil Foden yang mampu mencatatkan namanya di papan skor, setelah sepakan gagal diamankan Sanchez. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Man City atas Brighton menghiasi papan skor babak pertama laga ini.

Babak Kedua

Meski sedang dalam kondisi unggul, Man City tetap menerapkan gaya bermain menyerang di babak kedua laga kontra Brighton. Alhasil, Man City hampir menggandakan keunggulan mereka di menit awal babak kedua kontra Brighton via aksi Foden. Namun sepakan Foden masih gagal tepat sasaran.

Tidak berselang lama, Man City kembali mendapatkan peluang untuk mencetak gol kedua mereka di pertandingan ini. Akan tetapi kesempatan emas Man City melalui tembakan keras Joao Cancelo masih berhasil ditepis oleh Sanchez.

Pada menit ke-67, Man City kembali gagal memanfaatkan kesempatan emas yang mereka dapatkan untuk menambah keunggulan atas Brighton. Kini giliran De Bruyne yang gagal memaksimalkan peluangnya, setelah sontekannya masih melebar.

Memasuki 15 menit jelang pertandingan berakhir, Brighton berhasil mendapatkan peluang perdananya di babak kedua kontra Man City. Namun kesempatan emas Brighton via sundulan Neal Maupay masih melambung tipis di atas gawang Man City.

Man City vs Brighton

Ketika laga berjalan 79 menit, Brigthon kembali mendapatkan kesempatan untuk bisa menyamakan kedudukan. Namun lagi-lagi upaya Brighton melalui aksi Maupay masih gagal. Sebab tembakan yang dilepaskan Maupay masih bisa dibaca dengan baik arahnya oleh Ederson.

Di pengujung pertandingan, Man City sejatinya berpeluang menambah keunggulan jadi 2-0 atas Brighton melalui eksekusi penalti Raheem Sterlin. Akan tetapi eksekusi penalti yang dilakukan Sterling gagal jadi gol, lantaran tembakannya tak tepat sasaran.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Tim tuan rumah, Man City, berhasil menyelesaikan laga melawan tamunya, Brighton, dengan kemenangan 1-0.

Susunan Pemain

Man City (4-3-3): Ederson; Joao Cancelo, John Stones, Ruben Dias, Oleksandr Zinchenko; Bernardo Silva, Rodri, Ilkay Gundogan; Riyad Mahrez (Gabriel Jesus 67’), Kevin De Bruyne, Phil Foden (Raheem Sterling 82’).

Pelatih: Josep Guardiola

Brighton (3-4-3): Robert Sanchez; Aaron Webster, Lewis Dunk, Dan Burn; Joel Veltman, Ben White, Davy Propper (Solly March 68’), Bernardo; Percy Tau (Neal Maupay 68’), Leandro Trossard (Reda Khadra 86’), Alexis Mac Allister.

Pelatih: Graham Potter

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini