Pulang Lebih Cepat, Timnas Indonesia U-19 Akan Jalani Karantina Mandiri

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 13 Januari 2021 10:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 13 51 2343543 pulang-lebih-cepat-timnas-indonesia-u-19-akan-jalani-karantina-mandiri-YeVpSVYKHV.jpg Timnas Indonesia U-19 berlatih (Foto: PSSI)

BARCELONA Timnas Indonesia U-19 tengah mempersiapkan diri untuk segera pulang ke Tanah Air. Diinformasikan bahwa skuad besutan Shin Tae-yong itu akan bertolak dari Barcelona, Spanyol untuk pada Rabu (13/1/2021) pukul 11.50 waktu setempat.

Nantinya, Timnas Indonesia U-19 diperkirakan akan mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng pada Kamis 14 Januari 2021 pukul 20.25 WIB. Setelah itu, seluruh pemain dan ofisial akan menjalani karantina mandiri di hotel selama lima hari sebelum melakukan Swab Test PCR.

“Alhamdulillah hasil Swab Test PCR yang kami lakukan kemarin disini semuanya hasilnya negatif. Jadi kami semuanya dapat kembali ke Indonesia hari ini,” ujar Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Baca juga: Skuad Timnas Indonesia U-19 Tak Boleh Telat saat Makan Bersama

Indra Sjafri

“Setibanya di Indonesia kami harus karantina mandiri di hotel selama lima hari dan kembali jalani Swab Test PCR," sambungnya.

Pada awalnya, Timnas Indonesia U-19 sebenarnya dijadwalkan untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Spanyol hingga 31 Januari 2021. Akan tetapi, kasus Covid-19 di Negeri Matador tersebut ternyata meningkat belakangan ini.

Sejumlah laga uji coba yang sudah dijadwalkan pun tidak bisa digelar lantaran tidak mendapat izin dari pemerintah setempat. Maka dari itu, akhirnya diputuskan untuk membawa pulang Timnas Indonesia U-19 lebih cepat agar mereka juga tidak ikut terinfeksi.

"Kami menghormati keputusan pemerintah setempat dan tidak bisa memaksakan berlama-lama di Spanyol. PSSI juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Luar Negeri Indonesia yang sudah membantu kami agar dapat TC di Spanyol," terang Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Tujuan Timnas Indonesia U-19 dikirim untuk TC di Spanyol adalah untuk meningkatkan kualitas sekaligus menjaga mental tim. Karena, meski Piala Dunia U-20 2021 batal dihelat, para pemain ini akan dipersiapkan untuk berkarier di level senior.

Timnas Indonesia U-19

Maka dari itu, PSSI melihat bahwa penting untuk mengasah mental para pemain sejak masih muda. Dengan menghadapi tim-tim kuat dan cuaca berbeda di luar negeri, diharapkan para pemain ini akan menjadi andalan Indonesia di masa depan.

Saat ini, ada beberapa pemain Timnas Indonesia U-19 yang berkiprah di luar negeri. Misalnya Kelana Mahessa dan Khairul Imam Zakiri. Itulah mengapa mereka tidak ikut pulang ke Tanah Air. Kelana menuju ke Jerman, sedangkan Khairul tetap di Spanyol karena langsung bergabung ke klubnya CD Polillas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini