Uji Coba di Spanyol Dibatalkan, Timnas Indonesia U-19 Pulang ke Tanah Air

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 16:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 51 2343227 pertandingan-uji-coba-batal-timnas-indonesia-u-19-pulang-ke-tanah-air-G0rSQzdGH2.jpg Timnas Indonesia U-19 (Foto: PSSI)

JAKARTA – Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyatakan semua pertandingan uji coba Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 di Spanyol batal digelar. Alhasil, pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 di Spanyol berakhir lebih cepat dari jadwal.

Timnas Indonesia U-19 sudah tiga minggu melakukan TC di Spanyol. Garuda Nusantara -julukan Timnas Indonesia U-19- direncanakan untuk melakoni beberapa pertandingan uji coba.

Timnas Indonesia U-19 (Foto: Okezone/Admiraldy Eka Saputra)

Namun, izin menggelar pertandingan tidak diberikan oleh pemeritah setempat. Alasannya adalah peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Negeri Matador tersebut.

Keputusan berat pun diambil PSSI, yaitu memulangkan Timnas Indonesia U-19 ke Tanah Air. Keputusan itu diambil setelah PSSI berdiskusi dengan Pelatih Shin Tae-yong dan Direktur Teknik Indra Sjafri.

BACA JUGA: Jaga Pola Makan, Begini Asupan Makanan Timnas Indonesia U-19 di Spanyol

"Kami akhirnya memulangkan timnas U-19 lebih cepat. Hal ini karena timnas U-19 tidak dapat menjalani pertandingan uji coba yang sudah direncanakan,” ujar Yunus Nusi, mengutip dari laman resmi PSSI, Selasa (12/1/2021).

“Keputusan ini dilakukan usai kami berkomunikasi dengan Pelatih Shin Tae-yong dan Direktur Teknik Indra Sjafri. Semua uji coba tidak bisa dilaksanakan karena tidak mendapat izin dari pemerintah setempat karena Spanyol pandemi Covid-19 masih tinggi," katanya.

Meski begitu, Yunus Nusi tetap mengapresiasi usaha keras para penggawa Timnas Indonesia U-19 di Spanyol. Yunus Nusi menyatakan setiap pemain Timnas Indonesia U-19 berkembang selama TC berlangsung.

Perkembangan kemampuan para pemain Timnas Indonesia U-19 adalah kabar baik bagi Yunus Nusi. Sebab, menurut Yunus Nusi, para pemain Timnas Indonesia U-19 adalah generasi penerus U-23 dan senior.

Timnas Indonesia U-19 (Foto: PSSI)

“Memasuki pekan ketiga TC Spanyol, saya mendapat update, bahwa pemain terus berkembang, disiplin dan bekerja keras. Tentu ini hal yang sangat baik dan menjadi bekal bagi mereka untuk menjadi pemain profesional nantinya dan generasi penerus timnas U-23 atau timnas senior," ucap Yunus Nusi.

Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, pada Kamis 14 Januari 2021. Selama di Spanyol, Timnas Indonesia U-19 hanya melakukan latihan di lapangan, pusat kebugaran, dan menggelar pertandingan internal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini