Share

Formasi Manchester United Seiring Kedatangan Amad Diallo Traore

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 08 Januari 2021 04:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 45 2340825 formasi-manchester-united-seiring-kedatangan-amad-diallo-traore-Az261ymIkm.JPG Skuad Man United kian lengkap (Foto: Reuters/Clive Brunskill)

MANCHESTER – Proses transfer Amad Diallo Traore ke Manchester United akhirnya rampung. Winger berpaspor Pantai Gading itu semakin melengkapi formasi 4-2-3-1 racikan Manajer Ole Gunnar Solskjaer dengan kemampuannya.

Seperti diketahui, Man United sebetulnya sudah menyepakati transfer Amad Diallo dengan Atalanta pada 5 Oktober 2020. Pemain berusia 18 tahun itu diboyong dengan nilai transfer 40 juta Euro (setara Rp691 miliar). Namun, sang pemain baru bisa datang pada Januari 2021 sembari menunggu paspor Italia.

Kini, Amad Diallo Traore sudah resmi diumumkan sebagai pemain baru pada Jumat (8/1/2021) tengah malam WIB. Kehadirannya menjadi kepingan terakhir dari formasi 4-2-3-1 yang biasa dipakai Man United bersama Ole Gunnar Solskjaer.

Baca juga: Man United Selesaikan Proses Transfer Amad Traore dari Atalanta

Amad Diallo Traore didatangkan dari Atalanta (Foto: Atalanta BC)

Selama ini, Man United rindu akan kehadiran seorang sayap kanan mumpuni. Sejumlah pemain sempat dicoba turun dalam posisi tersebut. Tidak kurang dari Daniel James, Jesse Lingard, Marcus Rashford, hingga Mason Greenwood, pernah diturunkan sebagai sayap kanan.

Sayangnya, mereka tidak bisa memberikan kontribusi berarti sebagai sayap kanan. Sebab, posisi itu bukan keahlian masing-masing dari empat pemain tersebut. Dengan kedatangan Amad Diallo Traore, maka posisi sayap kanan praktis akan menjadi miliknya.

Posisi penjaga gawang tetap dipercayakan kepada David de Gea. Kiper berpaspor Spanyol itu belakangan kembali menunjukkan kapasitasnya dengan melakukan sejumlah penyelamatan gemilang. Di depan De Gea, kuartet Aaron Wan-Bissaka, Eric Bailly, Harry Maguire, dan Luke Shaw siap mengawal lini belakang.

Sementara itu, posisi double pivot akan diisi secara bergantian oleh Scott McTominay, Paul Pogba, Nemanja Matic, dan Fred Rodrigues. Keempatnya bisa diturunkan secara bergantian untuk tipe lawan berbeda. Namun, jatah bermain reguler kemungkinan menjadi milik Scott McTominay dan Paul Pogba.

Trio gelandang serang sudah pasti dihuni Amad Diallo di kanan, Bruno Fernandes di tengah, dan Marcus Rashford di kiri. Ketiganya akan menopang sekaligus menyuplai bola untuk penyerang tunggal yang dihuni oleh Anthony Martial.

Bruno Fernandes menjadi gelandang serang (Foto: Reuters/Peter Powell)

Apabila Solskjaer ingin menurunkan formasi 4-3-3, maka Amad Diallo bakal menjadi trisula bersama Marcus Rashford dan Anthony Martial. Yang pasti, koleksi 37 gol dan 24 assist dalam 93 pertandingan bareng tim junior Atalanta, sudah cukup membuktikan kapasitas seorang Amad Diallo Traore.

Prakiraan formasi Man United (4-2-3-1):

David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Eric Bailly, Harry Maguire, Luke Shaw; Scott McTominay, Paul Pogba; Amad Diallo Traore, Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Anthony Martial.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini