Cristiano Ronaldo dan Messi, Dua Manusia Perusak Rekor Gol Pele

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 51 2338307 cristiano-ronaldo-dan-messi-dua-manusia-perusak-rekor-gol-pele-onZzKouVMQ.jpg Cristiano Ronaldo dan Messi rusak rekor gol Pele. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

KEPANTASAN Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi masuk Ballon dOr Dream Team (starting XI terbaik sepanjang masa) terus ditunjukkan kedua pesepakbola kenamaan tersebut. Dalam dua bulan terakhir, setidaknya ada dua rekor yang dibuat Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Uniknya, kedua rekor yang mereka dipecahkan sama-sama dimiliki pesepakbola legenda asal Brasil, Pele. Medio Desember 2020, Lionel Messi mencetak satu gol saat Barcelona menang 4-0 atas Real Valladolid di pekan ke-15 Liga Spanyol 2020-2021.

Cristiano Ronaldo

(Ronaldo dan Messi sang pemecah rekor)

Tambahan satu gol membuat Lionel Messi telah mengoleksi 644 gol untuk Barcelona. Koleksi 644 gol membuat Lionel Messi tercatat sebagai pesepakbola dengan jumlah gol terbanyak bersama satu klub, melewati rekor yang dibuat Pele.

Sebelumnya, Pele yang 18 tahun (1956-1974) membela Santos tercatat sebagai pesepakbola dengan gol terbanyak bersama satu klub. Total dalam kurun tersebut, catatan gol resmi Pele menyentuh angka 643 gol, atau terpaut satu bola dari Lionel Messi.

Meski begitu, Santos membuat sanggahan. kubu Santos menilai ada 448 gol Pele yang tidak terhitung. Dalam penghitungan kubu Santos yang kemudian dirilis asosiasi riset dan sejarah Santos, jumlah gol Pele bersama Santos sebenarnya adalah 1.091 gol.

Dalam artikel itu, ada sejumlah laga yang dijalani Pele, namun tidak dihitung dalam catatan resmi. Sebut saja saat Pele dan Santos menghadapi Inter Milan, River Plate, Boca Juniors, Racing, Universidad de Chile, Real Madrid, Juventus, Lazio, Napoli, Benfica Anderlecht dan Barcelona.

Pele

(Pele pasrah rekor golnya dilewati Cristiano Ronaldo dan Messi)

Terlepas dari alasan apa pun, Lionel Messi tetap tercatat sebagai pemain dengan koleksi gol terbanyak bersama satu klub. Kemudian, bagaimana dengan Cristiano Ronaldo?

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo Lewati Jumlah Gol Pele, Cuma Tertinggal Satu Bola dari Pemegang Rekor

Cristiano Ronaldo mencetak dua gol saat Juventus menang 4-1 atas Udinese di pekan ke-15 Liga Italia 2020-2021, Senin (4/1/2021) dini hari WIB. Menurut laporan Daily Mail, berkat tambahan dua gol itu, Cristiano Ronaldo resmi melewati jumlah gol pesepakbola legenda asal Brasil, Pele.

Semenjak turun sebagai pesepakbola profesional pada 2002, Cristiano Ronaldo telah mengemas 758 gol. Sebanyak 656 gol dibuat di level klub dan 102 lainnya bersama Tim Nasional (Timnas) Portugal.

Cristiano Ronaldo

(Ronaldo cetak dua gol di laga Juventus vs Udinese)

Sebanyak 656 gol itu, 450 di antaranya dilesakkan bersama Real Madrid, Manchester United (118), Juventus (83) dan Sporting Lisbon (5). Ditambah 102 gol bersama Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo telah mengemas 758 gol di level profesional.

Jumlah itu sudah melampaui jumlah gol resmi yang dicetak Pele bersama Santos, New York Cosmos dan Timnas Brasil. Mentas sebagai pesepakbola profesional selama 21 tahun (1956-1977), menurut catatan resmi Pele mengemas 757 gol, alias terpaut satu bola dari Cristiano Ronaldo.

Karena itu, pencapaian Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi layak mendapatkan apresiasi. Hal itu menunjukkan, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi memang layak ditempatkan sebagai pesepakbola terhebat yang pernah beredar di muka bumi ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini