Share

Posisi Center Back dalam Sepakbola, Apa Tugasnya?

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 51 2335774 tugas-center-back-dalam-sepakbola-iV5HvUArY2.jpg Virgil van Dijk (Foto: Twitter/@LFC)

POSISI center back atau bek tengah sangat penting dalam permainan sepakbola. Setiap pemain yang menempati posisi bek tengah identik dengan tubuh besar. Sebab, tugas utama bek tengah adalah membantu kiper untuk menjaga gawang timnya tidak kebobolan.

Namun, bek tengah pada era modern memiliki lebih banyak tugas ketimbang di masa lalu. Saat ini, bek tengah juga dituntut untuk memiliki kemampuan untuk membangun serangan dari belakang.

Virgil van Dijk (Foto: Laman resmi Liverpool)

Salah satu pemain yang mahir membangun serangan dari belakang, adalah Virgil van Dijk (Liverpool). Pemain asal Belanda itu mampu mengumpan dengan sangat baik, baik jarak dekat maupun jauh.

Kemampuan Van Dijk membantu Liverpool untuk menembus pertahanan lawan. Bahkan, Van Dijk juga beberapa kali mencetak gol untuk The Reds –julukan Liverpool.

BACA JUGA: Teknik Dasar Stopping dalam Sepakbola

Jika berbicara bek tengah yang rajin mencetak gol, Sergio Ramos (Real Madrid) adalah contoh terbaik. Ramos sudah mencetak 126 gol sepanjang karier profesionalnya, baik untuk klub maupun Tim Nasional (Timnas) Spanyol.

Bek tengah memiliki tugas tambahan pada era modern. Akan tetapi, tugas utama bek tengah tetaplah membantu kiper agar tim tidak kebobolan gol.

Setiap kali menjalankan tugasnya, bek tengah sering bertarung dengan pemain lawan demi merebut bola. Alhasil, postur bek tengah biasanya tinggi dan besar untuk memudahkan mereka menang dalam duel.

Namun, tidak semua bek tengah ternama memiliki postur tinggi dan besar. Mantan pesepakbola, Fabio Cannavaro dan Carles Puyol, telah membuktikan, bahwa bek tengah bisa dimainkan oleh pemain yang berpostur sedang.

Fabio Cannavaro (Foto: Istimewa)

Andalan Cannavaro dan Puyol setiap kali bermain adalah kemampuan membaca situasi dan visi dalam merebut bola. Kemampuan Cannavaro bahkan membawanya meraih Ballon dOr pada 2006 silam.

Penghargaan yang diterima Cannavaro menunjukkan peran penting bek tengah dalam sebuah tim. Tim-tim papan atas dunia biasanya memiliki bek tengah tangguh. Ketajaman lini depan menuntun tim meraih kemenangan, tetapi pertahanan kukuh yang membawa tim menjuarai kompetisi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini