Pemain Timnas Indonesia U-19 Tak Akan Kalah dengan Cuaca Dingin Spanyol

Antara, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 51 2335214 pemain-timnas-indonesia-u-19-tak-akan-kalah-dengan-cuaca-dingin-spanyol-QKAAQen15r.jpg David Maulana. (Foto/Antara)

JAKARTA - Gelandang Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, David Maulana yakin dia dan rekan-rekannya tak akan kalah dengan cuaca dingin di Spanyol. Dia menekankan bahwa skuad Garuda Nusantara bisa cepat beradaptasi saat menggelar pemusatan latihan (TC) yang akan berlangsung hingga 31 Januari mendatang.

"Alhamdulillah kami sudah tiba di Spanyol dan siap menjalani TC di sini. Soal cuaca memang di sini dingin, namun saya rasa tidak masalah dan kami harus cepat beradaptasi," ujar David seperti dikutip dalam laman resmi PSSI dari Jakarta, Senin (27/12/2020).

Timnas Indonesia U-19 telah tiba di Spanyol sejak Minggu kemarin setelah menempuh perjalanan selama 18 jam dari Jakarta ke Barcelona. Sesampainya di Barcelona, mereka melanjutkan perjalanan darat ke Taragona selama setengah jam.

Foto/PSSI

Kini wilayah Eropa tengah memasuki musim dingin, suhu udara di Spanyol berkisar 8-10 derajat celcius. Maka dari itu, diperlukan adaptasi yang cepat agar waktu yang tersedia tak terbuang percuma.

Baca juga: Piala Dunia U-20 Ditunda, PSSI Tegaskan Tak Ada Perubahan Agenda

Sementara itu, asisten pelatih timnas Nova Arianto mengapresiasi langkah PSSI yang tetap memberangkatkan Kakang dan kawan-kawan meski gelaran Piala Dunia U-20 ditunda.

Timnas U-19 masih ada satu agenda lain yang hingga saat ini belum mengalami perubahan yakni Piala AFC U-19 di Uzbekistan. Dengan persiapan yang matang ini, diharapkan mereka mampu memberikan penampilan dan prestasi terbaik.

"Setelah melakukan perjalanan panjang ke Spanyol dan tiba di hotel, pemain langsung makan siang dan istirahat. Besok (Senin) rencananya kami akan menjalani latihan," katanya.

Dalam keberangkatannya kali ini, rombongan timnas U-19 dipimpin oleh Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri. Adapun Shin Tae-yong akan menyusul ke Spanyol pada 2 Januari 2021 karena masih memimpin latihan timnas Indonesia untuk persiapan SEA Games di Jakarta.

Alasan ke Spanyol

Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, membeberkan alasan tetap memberangkatkan Tim Nasional (Timnas) U-19 untuk pemusatan latihan atau training camp (TC) ke Spanyol. Ia mengatakan ada beberapa hal yang melatarbelakangi PSSI untuk tetap menjalani agenda tersebut.

Yunus mengatakan bahwa TC tetap dilakukan karena PSSI bertanggung jawab untuk membina para pemain tersebut. Terlebih, para pemain ini nantinya akan menjadi andalan Indonesia dalam menorehkan prestasi manis di masa depan.

“PSSI tetap bertanggung jawab untuk membina anak-anak. Tetapi yang lebih penting bahwa anak anak ini yang akan menjadi cikal bakal masa depan pemain Timnas Indonesia dalam dua dekade,” ujar Yunus Nusi kepada awak media di Jakarta, Sabtu (26/12/2020).

“Insya Allah kita menganggap mereka yang terbaik. Pada saat nanti, anak-anak inilah yang akan menjadi pemain Timnas Indonesia U-23, senior, di waktu yang akan datang dan menjadi andalan kita,” lanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini