Share

Piala Dunia U-20 Ditunda, PSSI Tegaskan Tak Ada Perubahan Agenda

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Sabtu 26 Desember 2020 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 26 51 2334238 piala-dunia-u-20-ditunda-pssi-tegaskan-tak-ada-perubahan-agenda-mPndqAU28n.jpg Yunus Nusi. (Foto: Admiraldy Eka Saputra/Okezone)

JAKARTA – Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, menegaskan pembatalan gelaran Piala Dunia U-20 tidak akan berdampak banyak terhadap agenda yang telah dibuat PSSI. Salah satunya adalah memberangkatkan para penggawa Timnas Indonesia U-19 untuk mengikuti pemusatan latihan atau training center (TC) di Spanyol.

Hal tersebut disampaikan Yunus Nusi dalam acara pelepasan para penggawa Garuda Muda -julukan Timnas Indonesia U-19- di Hotel Fairmont, Jakarta, Sabtu (26/12/2020) sore WIB. Irfan Jauhari dan kolega dijadwalkan akan mengikuti TC selama satu bulan lamanya di Spanyol dan baru akan kembali ke Tanah Air pada akhir Januari 2021.

Timnas Indonesia U-19

Para pemain Timnas Indonesia U-19 hendak pergi ke Spanyol untuk TC. (Foto: Admiraldy Eka Saputra/Okezone)

"Tetap tidak ada yang berubah. Pertama, PSSI, ketum, Exco memaklumi, menghargai, menghormati keputusan FIFA tentang penundaan itu karena alasan pandemi," jelas Yunus Nusi kepada awak media di Jakarta, Sabtu (26/12/2020).

BACA JUGA: Shin Tae-yong Tak Ikut dalam Rombongan Timnas Indonesia U-19 ke Spanyol

"Kedua, ketum dan Exco juga menjaga keseimbangan mental dan psikologi anak-anak. Terlepas dari gonjang-ganjing di luar sana. Kenapa tetap berangkat sementara Piala Dunia ditunda? PSSI tidak berada di persoalan itu," sambungnya.

Follow Berita Okezone di Google News

"PSSI tetap bertanggung jawab untuk membina anak-anak. Tetapi, yang lebih penting bahwa anak-anak ini yang akan menjadi cikal bakal masa depan pemain Timnas Indonesia di dua dekade," lanjut dia.

"Insya Allah kita menganggap mereka yang terbaik. Pada saat nanti, anak-anak inilah yang akan menjadi pemain Timnas U-23, senior di waktu yang akan datang dan menjadi andalan kita," jelas Yunus.

Timnas Indonesia U-19

Lebih lanjut, Yunus menjelaskan salah satu alasan kenapa TC tetap dijalankan. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga mental juga psikologis para penggawa Garuda Muda terkait pembatalan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

"Apa pun itu, PSSI tetap memberangkatkan. Kalau pun toh menyangkut anggaran, kan biasa PSSI membiayai. Sebelum tahun ini kan di tahun-tahun sebelumnya PSSI kan yang membiayai TC semua strata timnas," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini