Soal Kisruh Wakil di Piala AFC 2021, Persipura: PSSI Harus Hati-Hati

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 21 Desember 2020 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 21 51 2331357 soal-kisruh-wakil-di-piala-afc-2021-persipura-pssi-harus-hati-hati-Vg62LAunGi.jpg Persipura Jayapura. (Foto: Instagram/@persipurapapua1963)

JAYAPURA – Ketua Umum (Ketum) Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano, turut angkat bicara soal kisruh wakil Indonesia di Piala AFC 2021 yang ikut menyeret klubnya. Benhur memastikan Persipura telah mendapat pesan langsung dari pihak PSSI yang berisi kepastian timnya mengisi slot Indonesia di AFC 2021 serta permintaan maaf atas kekeliruan yang terjadi.

Sebelumnya, PSSI memang diketahui menunjuk Bali United dan Persija Jakarta untuk tampil di ajang Piala AFC 2021. Akan tetapi, keputusan tersebut ditolak oleh Federasi Sepakbola Asia (AFC), terutama dengan penunjukan Persija Jakarta.

AFC menilai Persija kurang tepat untuk mengisi spot tersebut karena berstatus runner-up Piala Indonesia 2018-2019. Sementara Persipura Jayapura yang merupakan peringkat ketiga Liga 1 2019 dinilai lebih layak untuk mendapatkan tempat tersebut.

Persipura Jayapura

Pasalnya, grade Piala Indonesia berada di bawah kompetisi Liga 1. Dengan begitu, runner-up Piala Indonesia levelnya dipandang di bawah runner-up kompetisi Liga 1. Alhasil, AFC tidak mengizinkan runner-up Piala Indonesia untuk tampil karena masih ada peringkat tiga kompetisi Liga 1 yang lolos club lisencing dari AFC.

BACA JUGA: Terganjal Aturan, Posisi Persija Jakarta di Piala AFC 2021 Digantikan Persipura

Masalah ini pun kini telah terselesaikan, di mana PSSI akhirnya mendaftarkan Bali United dan Persipura Jayapura. Pihak Persipura sendiri sudah menerima langsung keputusan tersebut dan tengah mempersiapkan administrasi yang diperlukan.

Benhur yang menerima permintaan maaf PSSI atas kesalahan yang dibuat itu pun turut meninggalkan pesan khusus untuk sang ketum induk sepakbola Indonesia, Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule. Ia berpesan kepada Iwan Bule agar lebih berhati-hati agar kejadian serupa tak terjadi lagi.

“Kemarin, kami sudah menerima e-mail dari PSSI, disampaikan bahwa mereka mengusulkan Bali United dan Persipura Jayapura untuk slot AFC 2021, PSSI juga sudah meminta maaf atas kesalahan usulan sebelumnya,” bunyi pernyataan Benhur, sebagaimana dikutip dari Instagram resmi Persipura, Senin (21/12/2020).

“Saya selaku Ketua Umum Persipura menerima permintaan maaf PSSI, semoga hal-hal seperti itu tidak terulang kembali. Sebagai teman, saya juga ingin mengingatkan Ketua Umum PSSI agar lebih berhati-hati terhadap orang-orang dekat, tidak semua bekerja tulus untuk membantu, termasuk yang di Exco,” lanjutnya.

Iwan Bule

“Jangan sampai kesalahan atau kekeliruan beberapa orang, tapi merugikan kita semua, risikonya bisa ditanggung 270 juta rakyat Indonesia, nanti kita semua dianggap tidak mengerti aturan, dan ujungnya nanti yang disalahkan adalah Ketua Umum PSSI,” tutur Benhur.

“Jadi, saya mohon Pak Iwan Bule untuk lebih mawas dengan orang-orang dekatnya. Kami diberikan waktu satu hari untuk membereskan semua administrasi dan persyaratan untuk AFC, ini waktunya sangat mepet sekali, seandainya hasil rapat Exco pada 16 Desember itu sesuai manual AFC pasti waktunya lebih banyak untuk kami persiapkan segala sesuatunya,” tukas Benhur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini