Gol Son Heung-min Terindikasi Offside, Ini Tanggapan Premier League

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 17 Desember 2020 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 17 45 2329667 gol-son-heung-min-terindikasi-offside-ini-tanggapan-premier-league-N5Y4vUKOzZ.jpg Son Heung-min usai bobol gawang Liverpool. (Foto: REUTERS/Jon Super)

LONDON - Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) yang bertanggung jawab atas perwasitan di Liga Inggris, angkat bicara atas gol Son Heung-min yang terindikasi offside saat Liverpool menjamu Tottenham Hotspur di pekan ke-13 Liga Inggris 2020-2021.

Salah satu perwakilan PGMOL mengatakan, gol yang dicetak Son Heung-min sah. Sebab, kaki terdepan (kiri) Son Heung-min masih berada di belakang kaki dari bek muda Liverpool, Rhys Williams, tatkala gelandang Tottenham Giovanni Lo Celso melepaskan umpan terobosan.

Son Heung-min

(Momen Son Heung-min sebelum bobol gawang Tottenham)

“Pada menit 33 laga Liverpool vs Spurs, Son Heung-min mencetak gol untuk Spurs. Kemudian, gol tersebut diperiksa oleh VAR karena diduga offside,” buka perwakilan PGMOL, mengutip dari The Sun, Kamis (17/12/2020).

“Garis yang dikalibrasi diambil dari titik terdepan bek Liverpool, Rhys Williams. Kaki kiri Son terlihat berada di belakang kaki Rhys Williams saat bola pertama kali dilepaskan,” lanjut pernyataan tersebut.

Netizen sempat bertanya-tanya, kenapa petugas VAR kala itu tidak menggunakan garis silang tiga dimensi (3D) untuk menentukan apakah Son Heung-min offiside atau onside. Hanya saja, perwakilan PGMOL itu mengatakan, garis silang tiga dimensi tidak diperlukan karena kaki Son Heung-min terlihat jelas berada di belakang Rhys Williams.

BACA JUGA: Klopp dan Henderson Sepakat: Curtis Jones Luar biasa!

Dalam laga tersebut, Liverpool unggul lebih dulu lewat sepakan Mohamed Salah pada menit 26. Selang tujuh menit, Tottenham menyamakan kedudukan via aksi Son Heung-min setelah menerima umpan terobosan dari Giovanni Lo Celso.

Ketika pertandingan hampir berakhir 1-1, Liverpool mencetak gol penentu kemenangan via aksi Roberto Firmino pada menit 90. Saat itu, tendangan penjuru Andy Robertson disundul secara mantap penyerang asal Brasil tersebut.

Roberto Firmino

(Roberto Fimino cetak gol kemenangan Liverpool atas Tottenham)

Alhasil, Liverpool menang 2-1 atas Tottenham Hotspur. Berkat kemenangan ini, Liverpool naik ke puncak klasemen Liga Inggris 2020-2021 dengan koleksi 28 angka, unggul tiga poin dari Tottenham di tempat kedua.

Selanjutnya, Liverpool akan bertandang ke markas Crystal Palace pada Sabtu 19 Desember 2020 pukul 19.30 WIB. Kemenangan dibutuhkan Liverpool demi menjauhkan jarak dari pesaing terdekat mereka, Tottenham. Kebetulan, Tottenham akan bersua lawan berat pekan ini, yakni menjamu Leicester City.

Laga Tottenham vs Leicester City merupakan duel dua tim terluka. Tidak hanya Tottenham, Leicester City juga kalah di pekan ke-13 Liga Inggris. Leicester City di luar dugaan kalah 0-2 dari Everton, meski laga dgelar di kandang sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini