Legenda Jerman Yakin Jurgen Klopp Akan Latih Der Panzer

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 23 November 2020 08:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 23 51 2314180 legenda-jerman-yakin-jurgen-klopp-akan-latih-der-panzer-7cXKBoFEL6.jpg Manajer Liverpool, Jurgen Klopp (Foto: Reuters)

MUNICH – Kelanjutan karier pelatih Timnas Jerman, Joachim Low, belakangan ini dipertanyakan. Muncul desas-desus bahwa Low akan diganti menyusul kekalahan telak Jerman dengan skor 0-6 dari Timnas Spanyol di ajang UEFA Nations League 2020-2021.

Menanggapi hal ini, legenda sepakbola Jerman, Rudi Voller, menilai bahwa pihak federasi masih memberikan kepercayaan kepada Low karena selama ini ia telah membawa Timnas Jerman selalu berada di level tertinggi.

Meski begitu, Voller meyakini bahwa jika pada satu titik Low meninggalkan Der Panzer, maka yang paling cocok menggantikannya adalah pria yang saat ini menjadi manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Ia merasa Klopp akan membuat Timnas Jerman menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: Bantai Leicester 3-0, Jurgen Klopp: Liverpool On Fire

Jurgen Klopp

“Saya percaya bahwa Jogi Low masih bisa melakukannya untuk sementara waktu, tetapi pada titik tertentu itu adalah Jurgen Klopp,” tutur Voller, sebagaimana dilansir dari Goal, Senin (23/11/2020).

Selain hasil buruk di Piala Dunia 2018 dan melawan Spanyol di laga terakhir, Low juga mendapat kecaman karena telah membekukan Thomas Muller, Jerome Boateng, dan Mats Hummels. Padahal, ketiga pemain tersebut dinilai memiliki kontribusi besar untuk Der Panzer.

Untuk kasus ini, Voller tak ingin ambil pusing. Menurutnya, ketiga pemain tersebut tidaklah terlalu vital bagi Timnas Jerman. Maka ketika Low mengambil keputusan untuk membekukan ketiga pemain tersebut, Voller menganggap itu bukan masalah besar.

"Anda harus terbuka untuk mengatakan: 'Apa yang masuk akal?' Tapi saya rasa ketiganya juga tidak perlu," jelas Voller.

Selain Klopp, nama lainnya yang disebut-sebut bakal menggantikan Low sebagai pelatih Timnas Jerman adalah Hansi Flick yang saat ini menangani Bayern Munich. Direktur Tim Nasional Jerman, Oliver Bierhoff, bahkan tidak memungkiri bahwa Hansi Flick adalah seorang juru taktik jempolan dan sudah mengenal iklim sepakbola Jerman dengan sangat baik.

Hansi Flick

“Apa yang dia (Flick) bangun sekarang di Bayern Munich dalam waktu singkat benar-benar mengesankan. Kontinuitas yang dia tunjukkan dengan timnya sangat bagus,” sanjung Bierhoff.

“Kami mendapat keuntungan dari para pemainnya yang dilepas untuk tim nasional. Apakah saya mempercayainya? Tentu saja. Namun, apakah saat ini dia menjadi topik? Tidak,” tegas Bierhoff.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini