Ingin Arsenal Tampil Konsisten, Arteta Disarankan Ikuti Cara Mourinho

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 16 November 2020 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 16 45 2310526 ingin-arsenal-tampil-konsisten-arteta-disarankan-ikuti-cara-mourinho-OP8YAgKuQ7.jpg Mikel Arteta (Foto: Andy Rain/REUTERS)

MONTE CARLO – Cesc Fabregas memberikan penilaian terhadap kiprah Mikel Arteta sebagai juru taktik mantan klubnya, Arsenal. Fabregas pun menyarankan agar Arteta mengikuti cara Jose Mourinho melatih, yakni bermain pragmatis.

Sebagaimana diketahui, Arsenal memang memulai kampanye mereka di musim 2020-2021 dengan performa yang masih labil. Ya, Arsenal memang beberapa kali berhasil membuat banyak pihak berdecak kagum, namun tidak jarang justru menampilkan performa minor.

Sebagai contoh, penampilan Arsenal begitu dipuja-puja kala berhasil memetik kemenangan 1-0 atas Manchester United di Old Trafford Stadium. Namun hanya berjarak sepekan, Arsenal hancur lebur dibantai Aston Villa tiga gol tanpa balas.

Arsenal

Performa inkonsisten yang ditunjukkan Arsenal sejauh ini, membuat mereka pun diragukan untuk bisa finis empat besar pada klasemen akhir Liga Inggris 2020-2021. Terlebih, Arsenal sendiri saat ini masih berada di posisi ke-11 dengan torehan 12 poin dari delapan laga yang sudah mereka mainkan.

Baca Juga: Dapat Ketertarikan dari Chelsea dan Man United, Ini Alasan Gabriel Pilih Arsenal

Posisi Arteta sebagai pelatih Arsenal juga mulai mendapatkan kritikan dari beberapa pihak. Ya, manajer berkebangsaan Spanyol tersebut dinilai terlalu naïf, karena lebih memikirkan gaya bermain ketimbang hasil akhir yang didapatkan oleh klub besutannya.

Fabregas pun sependapat terhadap penilaian Arteta sebagai manajer Arsenal. Pemain yang kini merumput di AS Monaco tersebut pun menyarankan agar Arteta mengikuti cara Mourinho dalam melatih.

Mantan kapten Arsenal tersebut meminta agar Arteta coba mencontek cara Mourinho yang selalu memetingkan hasil akhir daripada performa klub besutannya. Sebab menurut Fabregas, pendukung Arsenal saat ini ingin melihat klub kesayangannya konsisten meraih hasil positif bukan bermain baik.

“Itulah kunci mereka (Arsenal) pada saat ini, terutama dari apa yang saya lihat dalam empat atau lima tahun terakhir dengan pelatih yang pernah saya miliki,” jelas Fabregas, seperti dirangkum dari Football London, Senin (16/11/2020).

Baca Juga: Ketimbang Rekrut Aouar, Arsenal Diminta Fokus Benahi Lini Pertahanannya

“Mereka datang dengan sebuah ide dan mencoba untuk menerapkannya. Tapi begitu terjadi kesalahan, mereka menjadi sedikit goyah. Mereka lebih memilih untuk mendapatkan hasil dan mendapatkan kepercayaan diri, daripada terus mengikuti filosofi atau ide mereka dan kalah,” sambungnya.

“Seperti yang selalu sering dikatakan Mourinho, Anda harus pragmatis. Mungkin di awal-awal sekarang ini Anda memang perlu mendapatkan hasil dulu. Saya tidak menyangkal itu, tapi Anda harus punya kepribadian,” tuntas pemain berusia 33 tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini