Menpora Harap Kursus Kepelatihan PSSI Hasilkan Pelatih Sekelas Shin Tae-yong

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 15 November 2020 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 15 51 2309948 menpora-harap-kursus-kepelatihan-pssi-hasilkan-pelatih-sekelas-shin-tae-yong-oeVKmBINwG.jpg Zainudin Amali memberi sambutan (Foto: PSSI)

KUTA – PSSI bersama Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) RI sukses menggelar kursus kepelatihan untuk lisensi C AFC sejak Menpora RI, Zainudin Amali, berharap dari kursus tersebut akan muncul pelatih lokal yang bisa menyamai level Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong.

Sebanyak 26 orang mengikuti kursus tersebut sejak 1 November 2020 di Kuta, Bali. Para peserta mendapat arahan langsung dari Yeyen Tumena dan Mundari Karya selaku instruktur. Selain mendapat materi berupa teori, para peserta juga mempraktikkan langsung ilmu dari kursus di lapangan.

Praktik tersebut dilangsungkan di Stadion Gelora Samudra, Kuta. Sementara pemaparan teori dilakukan di Hotel Mercure Harvestland. Kebetulan, kursus yang terselenggara berkat kerja sama PSSI dengan Kemenpora itu gratis bagi para peserta.

Baca juga: Pesepakbola Lokal Ikuti Kursus Kepelatihan C PSSI di Bali

Peserta kursus kepelatihan berfoto bersama (Foto: Kemenpora RI)

Selepas pelaksanaan, Menpora Zainudin Amali berjanji pihaknya akan mendukung untuk kursus pelatih B PSSI tahun depan. Ia berharap, dari kursus kepelatihan berjenjang itu nantinya akan mencetak pelatih berkualitas seperti halnya Shin Tae-yong.

“Saya berharap melalui kursus ini akan muncul pelatih yang bisa menyamai level pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Kepada para peserta, jangan berhenti sampai level ini, kejar level internasional berikutnya hingga AFC Pro, pemerintah siap fasilitasi,” ujar Zainudin Amali, dikutip dari laman resmi PSSI, Minggu (15/11/2020).

Kursus kepelatihan tersebut digelar bersamaan dengan ditundanya Liga 1 2020. Para pemain yang masih aktif lantas diundang untuk mengisi kegiatan di tengah jeda kompetisi.

Pada pelatihan di Bali ini, nama-nama beken pemain Timnas Indonesia dan Liga 1 ikut berpartisipasi. Nama-nama tersebut seperti Rizky Pora, Boaz Solossa, Ahmad Jufriyanto, Syamsul Chaerudin, dan lainnya.

Salah satu peserta yakni, Rizky Pora mengaku sangat senang dapat mengikuti kursus pelatih C PSSI ini. Ia berharap bekal pelatihan ini dapat membantunya menjadi pelatih sepakbola yang mumpuni ketika memutuskan pensiun suatu hari nanti.

“Alhamdulillah mendapat kesempatan mengikuti kursus pelatih C PSSI ini. Saya ingin terus belajar dan dapat lulus dengan baik di kursus ini. Untuk materi tentu ada sesi teori dan praktek di lapangan,” ujar Rizky Pora, dikutip dari keterangan pers yang diterima Okezone.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora dan Menpora RI Zainudin Amali yang sudah membantu PSSI untuk menggelar pelatihan pelatih dengan gratis. Menurutnya, kursus kepelatihan ini sangat bagus untuk mencari bibit-bibit pelatih berkualitas di masa depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini