Formasi Timnas Indonesia Senior jika Dihuni Marc Klok dan Elkan Baggott

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 13 November 2020 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 13 49 2309046 formasi-timnas-indonesia-senior-jika-dihuni-marc-klok-dan-elkan-baggott-yRlO5pFl3b.jpg Marc Klok. (Foto/Persija Jakarta)

JAKARTA – Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Statusnya itu didapat usai pemain kelahiran Belanda ini mengucap sumpah di Kantor Kementerian Hukum dan Ham Wilayah DKI Jakarta pada Kamis 12 November 2020.

Klok menjalani proses naturalisasi sejak tahun lalu. Setelah resmi menjadi WNI dengan, pemain berusia 27 tahun itu memiliki KTP dengan di Jakarta Selatan.

Foto/Persija Jakarta

Resmi menjadi WNI, Klok menyampaikan salah satu tujuannya melepas status warga negara Belanda. Dia ingin bermain di Tim Nasional (Timnas) Indonesia.

Baca juga: Demi Perkuat Lini Tengah Timnas Indonesia, Jay Idzes Bisa Jadi Pilihan

“Saya sudah tidak sabar menanti panggilan Timnas Indonesia, bermain untuk Indonesia dan membawa prestasi. Saya juga ingin memberikan banyak inspirasi untuk para pemuda di sini,” tuturnya mengutip laman Persija, Jumat (13/11/2020).

Dia juga tidak bermain untuk bergabung di Timnas bersama pemain naturalisasi lainnya. Menurutnya adaptasi di Timnas juga tidak akan sulit karena sudah kenal dengan banyak pemain.

“Saya sering berjumpa dengan pemain naturalisasi lainnya dan itu tidak akan ada masalah terkait adaptasi. Pastinya, saya akan memberikan segalanya bila Timnas memanggil,” tambah Klok.

Kehadiran Klok di Timnas Indonesia akan menambah kualitas lini tengah skuad Garuda. Dia bisa bergabung dengan pemain keturunan Indonesia-Inggris, Elkan Baggott yang selalu dipanggil ke Timnas Indonesia U-19.

Timnas Indonesia sendiri kini belum aktif berlatih. Tim asuhan Shin Tae-yong dijadwalkan akan bertanding dijadwalkan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Maret 2021 mendatang.

Foto/PSSI

Namun, dengan adanya Klok, Shin Tae-yong bisa menggunakannya sebagai gelandang brtahan untuk memutus serangan lawan. Berikut perkiraan formasi Timnas Indonesia dengan adanya Marc Klok dan Elkan Baggott dengan menambahkan pemain yang pernah dipanggil Shin Tae-yong.

Jika menilik formasi Shin Tae-yong saat melatih Korea Selatan, dia kerap menggunakan skema 4-2-3-1 atau 4-3-3. Hanya saja, formasi terakhir lebih cocok untuk memainkan Klok yang bagus dalam memutus serangan serta membantu penyerangan.

Di posisi kiper, Shin Tae-yong bisa mengandalkan Nadeo Argawinata. Meski minim pengalaman di Timnas senior, kiper Bali United itu merupakan kiper utama Timnas U-22 saat SEA Games 2019.

Lini tengah pertahanan bisa dihuni Ryuji Utomo dan Elkan Baggott. Ryuji dikenal bek yang tegas, sementara Elkan bisa menyeimbanginya dengan permainannya yang tenan. Kedua bek ini juga memiliki postur yang tinggi sehingga bagus untuk duel udara.

Posisi bek kiri bisa dipercayakan pada Johan Alfarizi. Sementara bek kanan akan dihuni oleh bek PSM Makassar, Asnawi Bahar.

Di posisi sentral, Evan Dimas bisa menjadi penghubung lini belakang dan depan Timnas Indonesia. Dia akan dibantu oleh Marc Klok dan Adam Alis.

Sementara di lini serang, Shin Tae-yong bisa mengandalkan Osvaldo Haay di sektor kanan, sementara Febri Hariyadi di posisi sebaliknya. Keduanya akan membantu Illija Spasojevic.

Perkiraan Formasi Timnas (4-3-3: Nadeo Argawinata, Elkan Baggott, Ryuji Utomo, Asnawi Bahar, Johan Alfarizi, Evan Dimas, Marc Klok, Adam Alis, Osvaldo Haay, Febri Hariyadi, Illija Spasojevic.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini