Share

Shin Tae-yong Izinkan Pemain Timnas Indonesia U-19 Makan Gorengan, tapi Ada Syaratnya

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 09 November 2020 14:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 51 2306659 shin-tae-yong-izinkan-pemain-timnas-indonesia-u-19-makan-gorengan-tapi-ada-syaratnya-AC5ZpXi8Fj.jpg Skuad Timnas Indonesia U-19 saat melakoni pertandingan di Kroasia. (Foto: PSSI)

SEMARANG – Fullback kiri Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Pratama Arhan, mengatakan pelatih Shin Tae-yong mengizinkan para pemainnya untuk mengonsumsi gorengan. Hanya saja, pemain milik PSIS Semarang ini mengatakan, Shin Tae-yong melarang para pemainnya mengonsumsi gorengan secara rutin, alias menjadikannya sebagai makanan pokok.

"Makan gorengan sekali-kali tak apa-apa. Kalau ingin saja makan. (Bukan jadi makanan pokok) iya," kata Arhan saat diwawancara CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi di channel YouTube PSIS Semarang.

Pratama Arhan

(Pratama Arhan (kanan), fullback kiri Timnas Indonesia U-19)

Shin Tae-yong dikenal sebagai pelatih yang disiplin. Pelatih asal Korea Selatan itu tidak segan mencoret pemain dari skuad ketika tidak mau mengikuti ucapannya. Shin Tae-yong sudah membuktikannya H-1 sebelum Timnas Indonesia U-19 berangkat ke Kroasia untuk menjalani pemusatan latihan.

Saat itu ada dua pemain Timnas Indonesia U-19 yakni Serdy Ephy Fano Boky (Bhayangkara FC) dan Ahmad Afhridzal (Vamos Indonesia), yang melakukan aksi indispliner. Mereka yang tidur di kamar yang sama terlambat datang ke sesi latihan.

Tanpa ampun, Shin Tae-yong langsung mencoret kedua nama di atas. Alhasil, skuad Timnas Indonesia U-19 berangkat ke Kroasia dengan 27 pemain, dari 30 nama pesepakbola yang direncanakan (satu nama lain berangkat dari Inggris, yakni Elkan Baggott).

BACA JUGA: Ini yang Bikin Pemain Timnas Indonesia U-19 Takut kepada Shin Tae-yong

Meski begitu, disiplin tinggi yang diterapkan Shin Tae-yong berefek positif kepada skuad Timnas Indonesia U-19. Selain teknik, mental dan disipiln merupakan beberapa hal yang mesti dimiliki pesepakbola, termasuk Timnas Indonesia U-19 yang siap turun di turnamen besar.

Medio Februari 2021, Timnas Indonesia U-19 akan turun di Piala Asia U-19 yang digelar di Uzbekistan. Di turnamen ini, Timnas Indonesia U-19 tergabung bersama tuan rumah Uzbekistan, Iran dan Kamboja.

Shin Tae-yong

Benar, Timnas Indonesia U-19 berada di grup sulit. Namun, target yang dicanangkan PSSI kepada Shin Tae-yong tetap sama, yakni membawa skuad Garuda Nusantara lolos ke semifinal.

Kemudian pada 20 Mei hingga 12 Juni 2021, Timnas Indonesia turun di Piala Dunia U-20 yang dilangsungkan di Tanah Air. Target besar juga dibebankan PSSI kepada Shin Tae-yong yakni lolos ke perempatfinal.

Shin Tae-yong pun siap memenuhi ambisi besar dari PSSI. Hal itu asalkan seluruh keinginan pelatih asal Korea Selatan tersebut dapat dipenuhi PSSI, termasuk memanggil sejumlah pemain keturunan dan menjalani pemusatan latihan di negara yang memiliki banyak tim mapan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini