Usai Dibantai Villa, Arteta Akui Arsenal Kurang Kreativitas

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 09 November 2020 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 09 45 2306616 usai-dibantai-villa-arteta-akui-arsenal-kurang-kreativitas-oBo1zPsien.jpg Arsenal vs Aston Villa (Foto: Andy Rain/REUTERS)

LONDON – Arsenal harus menelan pil pahit ketika melakoni matchday kedelapan Liga Inggris musim 2020-2021. Menghadapi Aston Villa, The Gunners –julukan Arsenal– harus puas menyelesaikan laga dengan kekalahan telak 0-3 dari lawannya.

Dalam pertandingan yang dimainkan di Emirates Stadium, dini hari tadi WIB, Arsenal memang bermain sangat buruk sejak menit awal. Bahkan Arsenal sempat kebobolan kala laga belum genap berjalan 1 menit melalui aksi John McGinn.

Akan tetapi gol personel tim nasional (Timnas) Skotlandia tersebut harus dianulir wasit, lantaran salah satu pemain Villa lebih dahulu berada di posisi offside. Momen itu pun membuat Villa semakin berani melancarkan sejumlah serangan mereka ke pertahanan kubu tuan rumah.

Arsenal vs Aston Villa

Bahkan pada menit ke-25, Villa berhasil membuka keunggulan mereka atas Arsenal melalui gol bunuh diri yang dilakukan oleh Bukayo Saka. Arsenal memang sempat mendapatkan beberapa kans untuk bisa menyamakan kedudukan di sisa menit babak pertama, namun sejumlah kans mereka gagal jadi gol.

Baca Juga: Setelah Liverpool, Arsenal Jadi Korban Teranyar Ollie Watkins 

Pada babak kedua, Arsenal coba tampil lebih menekan pertahanan Villa. Namun pertahanan rapat Villa sangat sulit ditebus oleh Arsenal. Bahkan pada menit ke-72 dan 75, Villa berhasil memperbesar keunggulan mereka atas Arsenal jadi 3-0 melalui catatan brace Ollie Watkins.

Arsenal pun harus puas menyelesaikan pertandingan melawan Villa dengan kekalahan 0-3. Hasil minor tersebut pun menjadi kekalahan kedua di kandang yang dialami Arsenal di Liga Inggris 2020-2021, sebelumnya mereka juga sempat takluk 0-1 kala menjamu Leicester City.

Di laga tersebut, Arsenal nampak betul tidak adanya kreativitas di lini tengah mereka. Manajer Arsenal, Mikel Arteta, pun mengakui hal tersebut. Maka dari itu, Arteta pun bertekad untuk bisa memperbaiki situasinya di pertandingan berikutnya.

“Itu (kreativitas) merupakan satu hal yang perlu kami kembangkan, juga mengenai kemampuan kami dalam menciptakan peluang. Kami harus lebih mematikan di depan gawang lawan. Namun, sekali lagi, saya tidak mau menuding siapa pun,” jelas Arteta, seperti disadur dari Metro, Senin (9/11/2020).

Baca Juga: Arsenal Dibantai Aston Villa 0-3 di Emirates Stadium

“Hari ini masalahnya bukan itu, ini adalah soal bagaimana kami sebagai tim dan apa yang kami tunjukkan sebagai tim. Ya, jelas. Kami melakukan itu (perubahan taktik) di setiap pekan. Anda bisa melihat bagaimana kami mencoba berada di posisi yang lebih baik di wilayah sepertiga akhir,”sambungnya.

“Hal yang sama pun berlaku dalam usaha kami mengontrol transisi setelah gagal menuntaskan peluang dan bola meninggalkan kotak penalti lawan. Pasti kami akan mempelajarinya lagi dan mencoba memodifikasi beberapa hal untuk tampil lebih baik lagi,” tuntas pelatih berusia 38 tahun itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini