Jika Paul Pogba Mundur dari Timnas Prancis, Berpengaruh Besar bagi Les Blues?

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 51 2299522 jika-paul-pogba-mundur-dari-timnas-prancis-berpengaruh-besar-bagi-les-blues-SpZRyBzfP4.jpg Pogba saat turun di laga Prancis vs Portugal. (Foto: Twitter/@equipedefrance)

MANCHESTER – Gelandang Manchester United, Paul Pogba, diberitakan The Sun akan mengundurkan diri dari Tim Nasional (Timnas) Prancis. II Polpo –julukan Pogba– memilih meninggalkan Les Blues –julukan Timnas Prancis– karena presiden Prancis, Emmanuel Macron, diduga melakukan penghinaan kepada agamanya yakni Islam.

Pada Rabu 21 Oktober 2020, Macron mengeluarkan kecaman terhadap aksi pembunuhan yang menimpa seorang guru sejarah asal Prancis, Samuel Paty. Samuel Paty ditemukan tak bernyawa di Conflans-Sainte-Honorine, barat laut Paris, karena beberapa hari sebelumnya menunjukkan karikatur Nabi Muhammad SAW sebagai contoh kasus saat mengajar.

Paul Pogba

(Pogba saat membela Timnas Prancis)

Dalam pandangan Macron, pelaku dalam pembunuhan Samuel Paty adalah kelompok Islam militan domestik atau biasa disebut Cheikh Yassine. Karena itu, Macron meminta kelompok tersebut dibubarkan demi kebaikan bersama.

Selain itu, Macron juga meminta Masjid Pantin yang terletak di pinggiran timur laut Paris untuk ditutup. Sebab, salah satu jamaah masjid tersebut merupakan wali murid, di mana Samuel Paty mengajar.

Sekarang yang jadi pertanyaan, jika Pogba meninggalkan Prancis, seberapa besar berpengaruh kepada Les Blues? Semenjak dipanggil ke tim senior Prancis pada 22 Maret 2013, Pogba merupakan andalan di lini tengah Timnas Prancis.

BACA JUGA: Paul Pogba Dikabarkan Mundur dari Timnas Prancis Gara-Gara Agamanya Dihina

Ia selalu menjadi pemain utama di Timnas Prancis, baik di Piala Dunia 2014, Piala Eropa 2016 hingga Piala Dunia 2018. Semenjak Pogba gabung Les Blues, hasil yang didapat Timnas Prancis di ajang-ajang besar bisa dikatakan baik.

Timnas Prancis tercatat lolos ke perempatfinal Piala Dunia 2014, runner-up Piala Eropa 2016 serta menjadi juara Piala Dunia 2018! Namun, akibat serangkaian cedera yang dialami Pogba dalam satu tahun terakhir, Pogba tak lagi krusial di skuad asuhan Didier Deschamps.

Paul Pogba

(Pogba (kiri) saat berduel dengan Cristiano Ronaldo)

Terbukti dalam tiga laga terkini yang dijalani Prancis, Pogba hanya satu kali tampil sebagai starter. Sekalinya Pogba tampil sebagai starter, Prancis hanya bermain 0-0 kontra Portugal.

Namun, ketika Pogba hanya muncul dari bangku cadangan, Prancis menang 7-1 atas Ukraina serta membungkam Kroasia 2-1. Saat ini, posisi yang ditinggalkan Pogba dapat digantikan dengan baik oleh Corentin Tolisso.

Pertanda Prancis tak lagi membutuhkan Pogba? Jawabannya tentu tidak. Pengalaman pemain seperti Pogba masih dibutuhkan Prancis saat turun di ajang besar seperti Piala Eropa dan Piala Dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini