5 Fullback Kanan Terbaik dalam Sejarah Liga Inggris

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 51 2297132 5-fullback-kanan-terbaik-dalam-sejarah-liga-inggris-ON7oY2n2Ue.jpg Branislav Ivanovic saat mengantarkan Chelsea juara Liga Eropa (Foto: UEFA)

PADA sepakbola modern seperti sekarang ini terdapat beberapa perubahan gaya bermain. Salah satunya posisi pemain bertahan yang tidak lagi hanya fokus mengamankan lini belakang tapi juga diharapkan bisa membantu melakukan variasi serangan.

Seorang fullback atau bek sayap saat ini juga dituntut untuk lebih 'serba guna' dan mumpuni dalam hal kecepatan juga penetrasi ke daerah pertahan lawan. Mereka punya tugas tambahan untuk memberikan assist bahkan sebagai pencetak gol.

Kompetisi Liga Inggris menjadi salah satu yang cukup terlihat dengan permainan fullback mereka yang serba bisa. Sejak dimulai pada 1992 lalu, kompetisi ini telah memunculkan banyak fullback kanan berkualitas dan memainkan peran penting dalam kesuksesan tim.

Melansir dari laman Sportskeeda, Rabu (21/10/2020), berikut lima pemain yang berposisi sebagai fullback kanan terbaik dalam sejarah Liga Inggris.

5. Kyle Walker


Meski sudah menginjak usia 30 tahun Kyle Walker belum kehilangan kecepatannya di lapangan. Hal ini yang membuat Walker dinilai sebagai salah satu pemain terbaik di posisinya.

Kualitasnya bahkan diakui langsung oleh pelatih Manchester City, Josep Guardiola. Atas alasan itu juga ia mendatangkan sang pemain dari Tottenham Hotspur pada 2017 lalu.

4. Trent Alexander-Arnold


Pemain muda Liverpool ini mencuri perhatian di tiga musim terakhir. Trent yang masih terbilang muda dengan usianya yang baru 22 tahun sudah menjadi bagian penting dalam perjalanan sejarah The Reds meraih Trofi Liga Champions 2018-2019 dan Liga Inggris 2019-2020 di bawah asuhan pelatih Jurgen Klopp.

Kemampuannya tidak hanya dalam hal bertahan. Pemain asli Liverpool itu juga terkenal dengan umpan-umpan jauhnya yang akurat juga spekulasi tembakan jarak jauhnya yang mematikan.

 

3. Lee Dixon


Legenda Arsenal, Lee Dixon berada di urutan selanjutnya sebagai fullback kanan terbaik dalam sejarah Liga Inggris. Memulai debutnya dengan The Gunners -julukan Arsenal- pada 1988, Dixon bertahan dengan klub hingga 2002 dan memenangkan gelar Divisi Pertama dan Liga Premier dua kali masing-masing.

Bek kanan yang solid, Dixon lebih defensif daripada kebanyakan orang di daftar ini. Dia tercatat bermain 459 kali untuk klub dan juga bagus dalam melakukan overlap, mencetak 17gol dan membuat sembilan sejumlah asisst dalam perjalan kariernya bersama Arsenal.

2. Branislav Ivanovic


Sekarang berusia 36 tahun, Branislav Ivanovic masih bermain di Liga Premier bersama West Bromwich Albion. Tetapi eksploitasi terbesarnya di liga datang bersama Chelsea di mana ia menjadi andalan bertahan selama sembilan tahun dan memenangkan tiga gelar EPL di samping sejumlah trofi Eropa dan domestik lainnya setelah bergabung dengan klub pada tahun 2009.

Postur tubuh yang menunjang juga kekuatan fisik membuat Ivanovic masih jadi salah satu pemain fullback yang namanya cukup bersinar. Bagi banyak orang, dia adalah penandatanganan terbaik yang dibuat oleh Chelsea selama era kesuksesan mereka.

 

1. Gary Neville


Salah satu anggota paling konsisten dari Kelas 92 legendaris Manchester United, Gary Neville adalah bek kanan terbaik yang pernah dimilik Setan Merah. Dia telah menciptakan hegemoni di Liga Premier Inggris dan juga menikmati kesuksesan besar di Eropa bersama Man United.

Neville punya karakter lincah, pekerja keras dan ulet sebagai bek sayap. Dia juga pandai dalam membentuk kerjasama yang hebat dengan pemain lain seperti David Beckham.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini