Penyebab Timnas Indonesia U-19 Menang 4-0 atas Hajduk Split

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 21 Oktober 2020 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 21 51 2297005 penyebab-timnas-indonesia-u-19-menang-4-0-atas-hajduk-split-digGKzaqtF.jpg Timnas Indonesia U-19 menang 4-0 atas Hajduk Split. (Foto: PSSI)

SPLIT – Gelandang Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Beckham Putra Nugraha, mengungkap penyebab timnya menang 4-0 atas Hajduk Split dalam uji coba yang digelar di Stadion Sloga, Mravince, Selasa 20 Oktober 2020. Personel Persib Bandung itu menyebut, Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan karena tampil militan di sepanjang pertandingan.

Kepercayaan diri dan semangat skuad Timnas Indonesia U-19 benar-benar mencolok selama menjalani pemusatan latihan di Kroasia. Di dua laga awal Timnas Indonesia U-19 di Kroasia, permainan skuad Garuda Nusantara tidak terarah.

Timnas Indonesia U-19

(Starting XI Timnas Indonesia U-19 di laga kontra Hajduk Split)

Namun, memasuki pertandingan ketiga hingga ke-11 yang digelar kemarin, permainan taktis ditunjukkan skuad asuhan Shin Tae-yong. Pelatih berpaspor Korea Selatan itu mengubah kelemahan personel Timnas Indonesia U-19 menjadi kelebihan, salah satunya dalam hal fisik.

Bukan rahasia umum, postur mungil personel Timnas Indonesia kerap menjadi bulan-bulanan saat menghadapi tim dari negara-negara Eropa. Namun, di bawah Shin Tae-yong, fisik dan stamina personel Timnas Indonesia U-19 jauh lebih kuat.

Alhasil, mereka mampu tampil dominan meski dihadapkan dengan salah satu tim junior terbaik di Kroasia, Hajduk Split. Efeknya positif, Timnas Indonesia U-19 menang 4-0 atas Hajduk Split lewat gol-gol yang dilesakkan Bagas Kaffa di menit ke-19, Pratama Arhan (48', penalti), Beckham Putra (53', penalti) dan Jack Brown (78').

BACA JUGA: 4 Pemain Timnas Indonesia U-19 yang Menonjol di Laga Kontra Hajduk Split

"Alhamdulillah kami diberi kemenangan di pertandingan dan saya mencetak gol. Ini berkat kerja keras tim dan kami sangat baik dalam persiapan,"kata Beckham Nugraha mengutip dari laman resmi PSSI, Rabu (21/10/2020).

Meski begitu, Beckham tidak sepenuhnya puas dengan performa Timnas Indonesia U-19. Menurut adik kandung dari gelandang Persib, Gian Zola, komunikasi antarlini Timnas Indonesia U-19 masih belum kuat.

Beckham Putra

(Beckham Putra mulai tarik perhatian Shin Tae-yong)

"Kami juga menjalankan dengan baik intruksi pelatih tadi. Tentu tim ini masih ada kekurangan seperti komunikasi antarlini saat pertandingan," lanjut pemain andalan Timnas Indonesia U-19 era kepelatihan Fakhri Husaini tersebut.

Performa Timnas Indonesia U-19 perlahan-lahan mengalami perkembangan. Dalam lima laga uji coba terakhir saja, Witan Sulaeman dan kawan-kawan mengoleksi empat menang dan satu imbang.

Dalam lima pertandingan itu, Timnas Indonesia U-19 mencetak 12 gol dan hanya kemasukan satu kali. Selanjutnya, Timnas Indonesia U-19 kembali melakoni pertandingan pada Jumat 23 Oktober 2020. Hingga kini belum diketahui secara pasti siapa lawan Timnas Indonesia U-19 selanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini