Mourinho Bahas Persaingan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 51 2292915 mourinho-bahas-persaingan-cristiano-ronaldo-dan-lionel-messi-ljqrkFRGVU.jpg Cristiano Ronaldo dan Messi terus bersaing. (Foto: UEFA.com)

LONDON – Pelatih Tottenham Hotspur, Jose Mourinho, menilai Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi beruntung karena lahir di generasi yang sama. Berhubung lahir di generasi yang sama, Mourinho menilai hal itu mendorong Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi untuk tampil lebih baik dari hari ke hari.

Sejak 2007, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi muncul di level teratas persepakbolaan dunia. Saat itu, Cristiano Ronaldo dan Messi bersaing memperebutkan trofi Ballon dOr 2007, meski akhirnya kalah dari bintang AC Milan saat itu, Ricardo Kaka.

Ricardo Kaka

(Kaka saat memenangkan trofi Ballon dOr 2007)

Namun, sejak 2008 hingga 2019 atau selama 12 tahun, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mendominasi penghargaan individu, baik itu pemain terbaik dunia maupun Ballon dOr. Tercatat dari 2008, Messi meraup enam trofi, unggul satu gelar dari Cristiano Ronaldo.

Hanya ada satu pesepakbola yang mampu merecoki dominasi Messi-Cristiano Ronaldo, yakni Luka Modric pada 2018. Namun, lepas 2018 lagi-lagi dominasi diambil alih keduanya, yang mana Messi meraih trofi pemain terbaik FIFA dan juga Ballon dOr.

Sekarang yang jadi pertanyaan, sampai kapan dominasi Cristiano Ronaldo dan Messi berlanjut? Saat ini sebagai pesepakbola profesional, usia mereka sudah tak muda lagi.

BACA JUGA: Kenakan Seragam Arsenal, Cristiano Ronaldo Makan Siang Bareng Wenger

La Pulga –julukan Messi– telah berusia 33 tahun, sedangkan Cristiano Ronaldo dua tahun lebih tua. Meski begitu, belum ada tanda-tanda Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi mengalami penurunan performa.

Terbukti musim lalu, Messi menjadi top skor Liga Spanyol 2019-2020 dengan koleksi 25 gol. Sementara Cristiano Ronaldo musim lalu masih mampu mencetak 31 gol di Liga Italia 2019-2020.

Cristiano Ronaldo

(Messi dan Ronaldo tak pernah lepas dari persaingan)

“Saya pikir mereka beruntung dan tidak beruntung karena berada di generasi yang sama. Mereka beruntung karena bisa bersaing satu sama lain,” kata Mourinho mengutip dari Sportskeeda, Selasa (13/9/2020).

“Mereka mendapatkan sisi positif dari persaingan itu dan mendapatkan motivasi ekstra. Namun, jika mereka berada di generasi yang berbeda, mungkin mereka akan mendapatkan 10 sepatu emas,” lanjut Mourinho.

Saat ini Cristiano Ronaldo dan Messi kencang dikabarkan meninggalkan klub masing-masing pada bursa transfer musim panas 2021. Cristiano Ronaldo dikaitkan dengan PSG, sedangkan Messi dihubungkan dengan Manchester City.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini