5 Pemain Terhebat Liverpool dalam Sejarah

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 30 September 2020 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 45 2286370 5-pemain-terhebat-liverpool-dalam-sejarah-dz1jNMK1AC.jpg Steven Gerrard (Foto: Squawka)

LIVERPOOL merupakan salah satu klub sepakbola terbesar yang ada di dunia. Maklum saja, pasalnya klub berjuluk The Reds ini memiliki sejarah panjang dan megah. Bahkan, Liverpool selalu berhasil mempertahankan kesuksesannya dari masa ke masa.

Di pentas domestik, Liverpool merupakan klub dengan raihan gelar juara Liga Inggris terbanyak kedua dengan 19 kali. Selain itu, The Reds merupakan klub Liga Inggris dengan trofi Liga Champions terbanyak, yaitu enam kali.

Kendati demikian, untuk bisa mendapatkan semua prestasi tersebut, Liverpool tentu perlu memiliki deretan pemain berkelas, Berikut ini adalah lima pemain terhebat yang pernah hadir dalam sejarah Liverpool:

5. Ian Rush

Ian Rush

Ian Rush merupakan pencetak gol terbanyak Liverpool sepanjang masa. Selama membela The Reds, Rush telah tampil dalam 660 pertandingan di semua kompetisi dan membukukan 346 gol.

Musim terbaik Rush bersama Liverpool terjadi pada 1983-1984. Di musim tersebut, Rush pasalnya sukses mengantarkan The Reds meraih gelar juara Liga Inggris, Piala Liga Inggris, serta Kejuaraan Eropa (sekarang Liga Champions). Selain itu, Rush juga melesakkan 47 gol di sepanjang musim tersebut.

4. Alan Hansen

Alan Hansen

Alan Hansen bisa dibilang merupakan salah satu bek tengah terbaik yang pernah dimiliki Liverpool. Selama membela The Reds, Hansen berhasil menjuarai Liga Inggris sebanyak delapan kali. Secara keseluruhan, Hansen memenangkan 22 trofi bersama Liverpool.

Musim kompetisi 1978-1979 bisa dibilang merupakan salah satu musim terbaik Hansen bersama Liverpool. Di musim tersebut Hansen membuat The Reds hanya 16 kali kebobolan dalam 42 pertandingan yang mereka jalani.

3. John Barnes

John Barnes

John Barnes direkrut Liverpool pada 1987. Meski hanya dua kali menjuarai Liga Inggris bersama Liverpool, namun gelar kedua yang diraih pada 1989-1990 menjadi musim terbaiknya.

Barnes yang berposisi sebagai winger, di musim tersebut berhasil membukukan 22 gol dan 16 assist. Selama membela The Reds, Barnes telah memainkan 408 pertandingan dan melesakkan 107 gol.

2. Steven Gerrard

Steven Gerrard

Steven Gerrard bisa dibilang merupakan salah satu kapten dan gelandang terbaik yang pernah dimiliki Liverpool. Gerrard patut diberikan apresiasi tinggi bukan karena kepiawaiannya mengolah si kulit bundar di atas lapangan, namun juga lanataran kesetiaannya.

Sepanjang kariernya membela The Reds, Gerrard memang tak pernah membuat Liverpool meraih gelar juara Liga Inggris. Akan tetapi, ia sukses mengantarkan Liverpool menjuarai Liga Champions pada musim 2004-2005 dengan sangat luar biasa atas AC Milan di Istanbul.

Gerrard merupakan satu dari hanya dua pemain Liverpool yang telah memainkan lebih dari 700 pertandingan untuk klub. Ia juga satu-satunya yang tampil dalam daftar lima besar klub perihal banyaknya penampilan serta mencetak gol.

1. Kenny Dalglish

Kenny Dalglish

Kenny Dalglish sering dianggap sebagai pemain terbaik yang pernah dimiliki Liverpool sepanjang sejarah. Berposisi sebagai penyerang, Dalglish telah tampil dalam 514 pertandingan Liverpool dan mengemas 171 gol.

Dalglish dikenal karena peran gandanya. Selain sebagai pemain, ia juga bertugas sebagai manajer Liverpool setelah tragedi Heysel. Ia memenangkan gelar liga ketujuh dan kedelapan untuknya bersama The Reds masing-masing pada tahun 1988 dan 1990 sebelum mengakhiri karir bermainnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini