1.000 Suporter Diizinkan Hadiri Laga Divisi Championship, Liga Inggris Kapan?

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 45 2278657 1-000-suporter-diizinkan-hadiri-laga-divisi-championship-liga-inggris-kapan-rEgE9Dw36L.jpg Stadion sepakbola. (Foto: Laman LASK Linz)

SINYAL positif terkait kehadiran penonton di stadion dalam pertandingan sepakbola di Inggris diberikan oleh EFL, selaku operator tiga liga di bawah Premier League. Pihak EFL mendapat izin dari pemerintah Inggris untuk melakukan uji coba menghadirkan penonton di stadion.

Meski begitu, jumlah penonton yang boleh hadir dalam uji coba ini terbatas. Hanya ada 1.000 penonton umum yang mendapat izin menyaksikan langsung pertandingan di stadion. Hal itu akan berlangsung pada September ini.

Fans sepakbola

Pemerintah Inggris sendiri diketahui mulai memberikan izin kepada EFL terkait rencana tersebut pada Selasa 15 September 2020 waktu setempat. Meski bisa dihadiri penonton, protokol kesehatan yang ketat akan diterapkan demi mencegah penyebaran virus corona.

BACA JUGA: Sancho Beri Tahu Rekan Setim di Timnas Inggris Yakin Pindah ke Man United

Rencana mengembalikan penonton ke stadion sendiri memang telah menjadi prioritas. Sebab, hal itu dianggap sebuah solusi dalam menghadapi masalah finansial yang tengah dihadapi klub-klub sepakbola di Inggris.

Pasalnya, dalam beberapa bulan terakhir, klub sepakbola telah kehilangan pendapatan dari penjualan tiket pertandingan karena laga digelar secara tertutup alias tanpa penonton. Pemandangan ini terlihat sejak comeback kompetisi-kompetisi sepakbola usai jeda akibat merebaknya Covid-19.

Nantinya, hasil percobaan EFL dengan 1.000 penonton pun akan turut menjadi pertimbangan dalam langkah menghadirkan kembali fans ke stadion yang akan dilakukan pada Oktober. Sejatinya, percobaan ini sendiri ingin dilakukan pada pekan lalu, tetapi akhirnya batal karena dianggap tidak layak dan merugikan.

"EFL terus berkomunikasi dengan pemerintah terkait program percobaan yang mungkin mencakup sejumlah pertandingan percontohan lebih lanjut selama September dengan kapasitas terbatas hingga 1.000 penonton,” bunyi pernyataan pihak EFL, sebagaimana dikutip dari Sky Sports, Rabu (16/9/2020).

"EFL jelas, dalam pandangannya, bahwa jarak sosial dapat diterapkan dengan aman di stadion sepakbola dan memiliki penonton di pertandingan adalah bagian yang sangat penting untuk membantu melindungi keuangan klub, yang tetap berada di bawah tekanan ekstrem” lanjutnya.

“Oleh karena itu, kesuksesan program percontohan ini akan menjadi langkah penting untuk memasukkan lebih banyak penonton ke lapangan dengan aman,” lanjut  pernyataan tersebut.

Laga Brighton vs Chelsea

Meski sinyal positif sudah terlihat untuk sepakbola di Divisi Championship, kabar serupa belum terdengar untuk Liga Inggris sampai saat ini. Laga-laga di Liga Inggris masih digelar secara tertutup alias tanpa penonton.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini