5 Pelatih yang Seharusnya Ditunjuk Juventus untuk Gantikan Maurizio Sarri

Bagas Abdiel, Jurnalis · Senin 14 September 2020 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 51 2277368 5-pelatih-yang-seharusnya-ditunjuk-juventus-untuk-gantikan-maurizio-sarri-k2tyh2udHx.jpg Mauricio Pochettino (Foto: Laman resmi UEFA)

MUSIM 2019-2020 mungkin menjadi hasil yang kurang memuaskan untuk Juventus. Meski sukses menjuarai Liga Italia 2019-2020, tetapi Juventus gagal melangkah lebih jauh di ajang Liga Champions 2019-2020.

Hasil tersebut kemudian ternyata tidak mendapat respons yang baik dari manajemen Juventus. Mereka pun akhirnya memecat Maurizio Sarri dan menunjuk Andrea Pirlo sebagai pelatih baru. Padahal beberapa hari sebelumnya, Pirlo baru saja ditunjuk untuk menangani Juventus U-23.

Ini jelas merupakan pertaruhan yang diambil oleh Juventus. Pasalnya ini merupakan pekerjaan pertama Pirlo sebagai pelatih utama. Mungkin Juventus memiliki pilihan lain. Lalu jika selain Pirlo, siapakah lima pelatih yang bisa ditunjuk Juventus untuk menggantikan posisi Sarri?

5. Gian Piero Gasperini

Gasperini mungkin adalah pelatih yang paling diremehkan di dunia sepakbola saat ini. Ia memulai karier kepelatihannya dengan tim junior Juventus. Pelatih asal Italia itu memiliki banyak pengalaman dan apa yang telah ia capai bersama Atalanta pada musim lalu menjadi bukti kecemerlangannya.

Musim lalu, Atalanta mencetak gol terbanyak di Liga Italia dan menjadi salah satu pencetak gol terbanyak di Eropa. Bersama Gasperini, mereka berhasil mengamankan tempat di Liga Champions dalam dua musim berturut-turut.

Meski Sarri juga berhasil mencapai hal serupa, tetapi Gasperini berhasil melakukannya di skuad yang lebih lemah. Karna itu, Gasperini sejatinya memiliki potensi besar untuk menangani Juventus setelah masa Sarri.

Gian Piero Gasperini

4. Laurent Blanc

Meski Laurent Blanc belum menangani tim sejak 2016, tetapi setiap klub papan atas yang memiliki kursi kosong, namanya selalu dikaitkan. Ini jelas menunjukkan bahwa pria berpaspor Prancis itu masih berperingkat tinggi sebagai pelatih.

Tidak hanya memenangkan gelar bersama PSG, tetapi karyanya untuk mengubah Timnas Prancis juga kurang dihargai. Blanc juga memimpin Bordeaux meraih dua gelar Liga Prancis secara beruntun. Hasil ini membuat Blanc tidak boleh diremehkan.

Jika ia tiba di Juventus, ia juga tidak akan memiliki masalah dalam mengelola nama-nama besar. Ia termasuk sosok yang berpengalaman dengan melatih para pemain seperti Zlatan Ibrahimovic.

Laurent Blanc

3. Leonardo Jardim

Jardim tidak diberi cukup pengakuan atas pekerjaan yang ia lakukan di AS Monaco. Ia sebenarnya bisa menjadi pilihan bagus untuk Juventus. Ia berhasil memenangkan Liga Prancis bersama pemain muda seperti Kylian Mbappe dan Thomas Lemar saat PSG mendominasi papan atas Prancis.

Bahkan pada musim yang sama, ia membimbing klub melaju jauh hingga ke semifinal Liga Champions. Ini jelas menunjukkan bahwa jika ia diberikan satu set pemain yang bagus untuk diajak kerja sama, ia bisa melakukan keajaiban.

Juventus saat ini sudah memiliki beberapa pemain yang sangat bagus dengan kualitas dan pengalaman. Jika, ia mampu memimpin tim muda seperti Monaco pada 2017-2018, maka ia bisa berprestasi lebih bersama Juventus.

Leonardo Jardim

2. Mauricio Pochettino

Nama Pochettino menjadi ternama saat ia menukangi Tottenham Hotspur. Ia memimpin The Lilywhites ke final Liga Champions dan juga membantu mereka untuk bersaing dalam perebutan gelar Liga Inggris.

Di bawah bimbingannya, Tottenham memainkan permainan dengan tekanan tinggi dan mendominasi penguasaan bola. Namun, karena kurangnya sumber daya di klub, ia tidak pernah benar-benar berhasil memenangkan trofi.

Pochettino dipecat oleh Tottenham pada tahun lalu. Sejak itu, ia tidak lagi bekerja. Namun, mantan pelatih Southamton itu memiliki pengalaman yang baik dalam mengelola tim di Liga Champions, karena itu, ia sebenarnya termasuk dalam kandidat kuat untuk pekerjaan Juventus.

Mauricio Pochettino

1. Erik ten Hag

Erik ten Hag dikenang karena memimpin tim muda Ajax ke semifinal Liga Champions pada 2019. Pada prosesnya, mereka berhasil menyingkirkan dua raksasa Eropa di Real Madrid dan Juventus. Hal itu membuat kinerja Ten Hag dikagumi oleh banyak penggemar di seluruh dunia.

Tim muda Ajax dari Belanda memainkan sepakbola menyerang yang menakjubkan dan mendominasi lawan mereka. Tidak hanya itu, Ten Hag berhasil mencapai prestasi ini dengan para pemain muda seperti Frenkie de Jong, Matthijs de Ligt, David Nerres, dan Donny van de Beek.

Meski Ten Hag dikenal dengan kesetiaannya terhadap Ajax, tetapi namanya bisa diperhitungkan. Juventus seharusnya mampu meyakinkan Ten Hag untuk berpisah dengan Ajax dan menawarkan proyek menarik di Turin.

Erik ten Hag

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini