Kisah Alfred Riedl Bersama Timnas Indonesia yang Nyaris Juarai Piala AFF 2010

Bagas Abdiel, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 00:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 51 2274735 kisah-alfred-riedl-bersama-timnas-indonesia-yang-nyaris-juarai-piala-aff-2010-NsAcGE394z.jpg Alfred Riedl (Foto: Sindo)

JAKARTA – Sepak terjang Alfred Riedl sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia begitu membanggakan. Namanya akan dikenal sebagai sosok yang membanggakan karena mampu memberi prestasi yang baik untuk skuad Garuda.

Salah satu pencapaian emasnya adalah ketika berhasil membawa Timnas Indonesia meraih posisi runner-up di Piala AFF 2010. Kala itu, skuad Timnas Indonesia di bawah arahan Riedl benar-benar mampu membangkitkan gairah masyarakat Tanah Air.

Alfred Riedl

Kala itu, gelaran Piala AFF 2010 digelar di Indonesia dan Vietnam. Sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia berhasil membuat para penggemar begitu bangga. Itu terlihat pada laga perdana, ketika Christian Gonzales dan kawan-kawan mampu meraih kemenangan telak atas Malaysia.

Meski tertinggal satu gol terlebih dahulu saat melawan Malaysia, tetapi Indonesia mampu bangkit dengan cepat. Mereka mampu membalikkan keadaan dan akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor telak 5-1.

Baca juga Alfred Riedl Meninggal Dunia Akibat Kanker 

Kemenangan telak tersebut membuat Timnas Indonesia percaya diri menapaki laga berikutnya. Menghadapi Laos, Indonesia menang telak dengan skor 6-0. Setelah itu, mereka menumbangkan Thailand dengan skor 2-1.

Kesuksesan Timnas Indonesia pada fase grup membuat masyarakat Tanah Air menaruh harapan besar kepada tim besutan Riedl tersebut. Pasalnya, Indonesia sendiri belum pernah memenangkan Piala AFF sejak bergulir pada 1996.

Pada babak semifinal, Timnas Indonesia berjumpa dengan Filipina. Lagi-lagi, Timnas Indonesia mampu tampil sukses. Walau hanya menang agregat dengan skor 2-0, tetapi untuk kesekian kalinya, Indonesia berhasil melaju ke final.

Ketika langkah semakin dekat, harapan untuk Indonesia menjuarai Piala AFF begitu tinggi. Kali ini lawan yang dihadapi adalah Malaysia. Keberhasilan mereka menang telak atas Malaysia pada fase grup, membuat masyarakat sangat percaya Timnas Indonesia akan menjadi juara.

Alfred Riedl

Akan tetapi, pada laga pamungkas tersebut, Indonesia harus puas menjadi runner-up. Pada leg pertama yang berlangsung di markas Malaysia, Timnas Indonesia menyerah dengan skor 0-3. Meski di leg kedua Timnas Indonesia mampu menang 2-1, tetapi Malaysia berhak meraih gelar juara karena unggul skor agregat 4-2.

Hasil ini jelas menjadi kekecewaan. Akan tetapi, Indonesia tidak bisa melupakan jasa besar Riedl yang kala itu berhasil membawa Timnas Indonesia berada di era kejayaan. Meski belum meraih gelar juara di Piala AFF, tetapi dengan titel runner-up, hal itu juga cukup membanggakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini