Profil Jack Brown, sang Calon Bintang Indonesia

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 06:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 51 2271794 profil-jack-brown-sang-calon-bintang-indonesia-veIrK4ghHK.jpg Jack Brown (Foto: Instagram Indah Brown)

NAMA Jack Brown memang sedang menjadi perbincangan hangat para pecinta sepakbola Indonesia. Bagaimana tidak, Brown menjadi salah satu pemain yang bakal diikutsertakan pelatih tim nasional (Timnas) Indonesia U-19, Shin Tae-yong, untuk pemusatan latihan di Kroasia.

Ya, Brown menjadi salah satu dari empat pemain yang merumput di Eropa yang masuk dalam daftar pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Ketiga pemain lainnya adalah Egy Maulana Vikri, Witan Sulaiman, serta Elkan Baggott.

Keputusan Tae-yong untuk mengikutsertakan Brown dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 sendiri memang tak terlalu mengejutkan. Terlebih jika melihat kiprah pemain berusia 18 tahun tersebut dalam merinti karier sebagai pesepakbola profesional.

Jack Brown

Ya, pada awal kariernya sebagai pesepakbola, Brown memang menjadi salah satu sosok yang sangat menonjol. Brown sendiri pernah berstatus sebagai pemain terbaik Manchester United Soccer School Dubai.

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia U-19 di NHS Cup, Tantang Tim-Tim Kuat Dunia

Kehebatan Brown sebagai pesepakbola pun semakin mencuat kala tampil begitu luar bisa di Football Summer Camp 2012 di Jakarta yang diselengarakan oleh Manchester United Soccer School Singapore. Pada saat itu, Brown menjadi pemain dengan nilai terbaik dari para peserta lainnya.

Setelah itu, Brown pun coba melanjutkan perjalanan kariernya sebagai pesepakbola di Inggris dengan membela Brentwood School U-12 serta Independent Schools Football Association untuk kategori usia U-14 dan U-16.

Dengan bakat yang mengesankan, kiprah Brown di Inggris pun bisa dibilang berjalan mulus. Bahkan pada saat ini, Brown sendiri terdaftar sebagai pemain Lincoln City U-18, dan menunjukkan performa mengesankan bersama klubnya tersebut.

Brown sendiri hampir saja memperkuat Timnas Indonesia U-19 arahan Indra Sjafri pada 2017. Namun karena adaptasinya tak mulus, Brown harus rela mengubur dalam-dalam impiannya berseragam Timnas Indonesia.

Baca Juga: Ditunda, Turnamen Uji Coba Timnas U-19 di Kroasia Akan Dimulai pada 5 September

Brown pun sempat kembali dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 pada Februari lalu, namun kendala yang sama membuat ia kembali gigit jari. Baru pada pemanggilan ketiga Brown mampu mencuri perhatian Tae-yong.

Gaya bermain Brown sebagai seorang playmaker pun membuat Tae-yong tertarik hingga akhirnya memasukan sang pemain ke dalam daftar yang dibawanya ke Kroasia. Dengan segudang prestasinya, wajar jika Brown diprediksi punya masa depan cerah bersama Timnas Indonesia di semua level umur.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini