Ada Peluang Piala Asia U-16 dan U-19 2020 Ditunda

Andika Pratama, Jurnalis · Kamis 27 Agustus 2020 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 27 51 2268134 ada-peluang-piala-asia-u-16-dan-u-19-2020-ditunda-ivhWzg0QGA.jpeg Timnas Indonesia U-19 (Foto:Laman resmi PSSI)

PANDEMI virus corona (Covid-19) telah mengacaukan banyak agenda sepakbola yang seharusnya digelar pada 2020. Salah satu yang kemungkinan besar menjadi korban selanjutnya dari pandemi ini adalah Piala Asia U-16 dan U-19 2020.

Piala Asia U-16 semula dijadwalkan berlangsung di Bahrain pada 16 September hingga 3 Oktober. Pandemi membuat turnaman itu harus diundur penyelenggaraannya ke 25 November. Akan tetapi, tanggal penyelenggaraan Piala Asia U-16 berpeluang diundur kembali menilik situasi sekarang.

Timnas Indonesia U-16 (Foto: Laman resmi PSSI)

Piala Asia U-19 pun mengalami nasib serupa. Turnamen yang seharusnya diselenggarakan di Uzbekistan pada 14 hingga 31 Oktober itu kemungkinan besar harus ditunda.

Kabar penundaan Piala Asia U-16 dan U-19 datang dari Federasi Sepakbola Uzbekistan (UFA). Melalui laman resminya, UFA menyampaikan bahwa Federasi Sepakbola Asia (AFC) telah mengirimkan surat kepada anggota-anggota asosiasi soal kemungkinan penjadwalan ulang Piala Asia U-16 dan U-19.

BACA JUGA: Indra Sjafri Bantah 5 Pemain Asal Brasil Didatangkan untuk Naturalisasi

UFA menyatakan bahwa penjadwalan ulang adalah permintaan dari anggota-anggota asosiasi yang kesulitan dalam melakukan persiapan dengan matang. Selain persiapan, masalah transportasi ke negara-negara tuan rumah juga menyulitkan peserta.

“AFC telah mengirim surat kepada anggotanya untuk mempelajari kemungkinan menjadwal ulang Piala Asia U-16 dan U-19 yang digelar di Bahrain dan Uzbekistan,” bunyi pernyataan UFA melalui laman resminya, Kamis (27/8/2020).

“Ada juga laporan yang menyebutkan UEA (Uni Emirat Arab) ingin membatalkan status mereka sebagai tuan rumah Piala Asia Futsal. Ini merupakan permintaan negara peserta di ketiga turnamen tersebut, terkait kesulitan mendapatkan penerbangan ke Bahrain, Uzbekistan, dan UEA. Selain itu, juga kesulitan tim melakukan persiapan di tengah pandemi,” sambung pernyataan tersebut.

Pernyataan UFA juga menyebutkan Komite Eksekutif AFC akan mengambil keputusan terbaik berkaitan dengan masalah ini. Jadwal baru dari ketiga turnamen tersebut akan dipublikasikan AFC dalam waktu dekat.

Timnas Indonesia U-19 (Foto: Laman resmi PSSI)

“Berkaitan dengan surat resmi yang dikirim AFC, komite eksekutif AFC akan mengambil keputusan ideal tentang masalah ini. Jadwal baru ketiga turnamen itu akan diumumkan dalam waktu dekat,” lanjut pernytaan itu.

Sementara itu, Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 dan U-19 saat ini tengah melakukan persiapan untuk Piala Asia. Timnas Indonesia U-16 menjalani pemusatan latihan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Pasukan Bima Sakti menggelar beberapa uji coba melawan klub-klub lokal.

Timnas Indonesia U-19 pun tengah mempersiapkan diri untuk Piala Asia. Garuda Nusantara –julukan Timnas Indonesia U-19– rencananya akan terbang ke Kroasia untuk mengikuti sebuah turnamen yang berlangsung pada 2-8 September. Penjadwalan ulang Piala Asia U-16 dan U-19 kemungkinan akan berpengaruh pada persiapan kedua pasukan Timnas Indonesia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini