Indra Sjafri Bantah 5 Pemain Asal Brasil Didatangkan untuk Naturalisasi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 20 Agustus 2020 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 20 51 2265149 indra-sjafri-bantah-5-pemain-asal-brasil-didatangkan-untuk-naturalisasi-mPxUuIL3w1.jpeg Indra Sjafri bantah lima pemain Brasil didatangkan untuk naturalisasi (Foto: PSSI)

JAKARTA – Isu mengenai naturalisasi pemain jelang Piala Dunia U-20 2021 terus menguat. Direktur Teknis PSSI, Indra Sjafri, memastikan kedatangan lima orang pemain muda asal Brasil bukan merupakan program dari federasi, melainkan murni kebutuhan klub.

Seperti diketahui, dalam beberapa hari terakhir Indonesia kedatangan lima orang pemain asal Brasil. Mereka adalah Henrique Bartoli, Hugo Guilherme, Thiago Apolina Pereira, Maike Henrique Irine De Lima, dan Robert Junior Rodrigues Santos.

Kedatangan lima pemain itu menguatkan isu naturalisasi untuk Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19 yang diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2021. Isu tersebut dibantah keras oleh Indra Sjafri. Menurutnya, kelima pemain itu murni didatangkan klub untuk menyambut Liga 1 2020.

Baca juga: Ini 5 Pemain Muda Asal Brasil yang Didatangkan Klub Liga 1 2020

Hugo Grillo dan Pedro Bartolli (Foto: Arema FC)

“Kedatangan para pemain asing muda dari Brasil ini tidak ada kaitannya dengan PSSI. Itu urusan klub-klub Liga 1. Pemain yang dipanggil Timnas Indonesia tentu harus berpaspor Indonesia,” tegas Indra Sjafri, dikutip dari laman resmi PSSI, Kamis (20/8/2020).

Lima pemain itu didatangkan ke Indonesia oleh tiga klub berbeda. Thiago dan Maike direkrut Persija Jakarta, Pedro Bartoli dan Hugo Grillo diikat oleh Arema FC, serta Robert Junior didatangkan oleh Madura United. Seluruh pemain itu masih berusia 19 tahun sehingga memunculkan isu naturalisasi.

Timnas U-19 sendiri tidak lepas dari dua pemain asing berdarah Indonesia. Saat seleksi, Manajer dan Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memanggil dua pemain keturunan yakni Elkan Baggott dan Jack Brown.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-19 sudah dipastikan menggelar pemusatan latihan (TC) di Kroasia mulai akhir Agustus 2020. Garuda Muda juga akan berpartisipasi dalam turnamen yang diikuti oleh empat negara selama TC.

Mereka memang dipersiapkan untuk mengikuti Piala Asia 2020 pada 14-31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Bagus Kahfi dan kawan-kawan tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Pada laga perdana 14 Oktober 2020, Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Kamboja. Setelah itu, mereka berturut-turut menghadapi Iran (17 Oktober 2020) dan tuan rumah (20 Oktober). Turnamen tersebut akan menjadi persiapan bagi Timnas Indonesia U-19 jelang Piala Dunia U-20 2021 di Tanah Air.

Sebagai informasi, empat negara peserta babak Semifinal Piala Asia U-19 2020 berhak mewakili Benua Kuning pada Piala Dunia U-20 2021. Namun, mengingat Indonesia berstatus sebagai tuan rumah, maka skuad Garuda sudah dipastikan lolos langsung. Walau sudah lolos langsung, bukan berarti Timnas Indonesia U-19 bisa berleha-leha.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini