Shin Tae-yong Tak Sabar Ingin Latih Timnas Indonesia

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 49 2253772 shin-tae-yong-tak-sabar-ingin-latih-timnas-indonesia-RSQCRnYAG6.jpg Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (Foto/PSSI)

JAKARTA – Manajer pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia dan Timnas Indonesia U-189, Shin Tae-yong tidak sabar menggelar latihan perdana di Jakarta. Hal ini disampaikan Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Mochamad Iriawan saat keduanya bertemu pada Senin, 27 Juli 2020.

Iriawan mengatakan bahwa pelatih Shin Tae-yong memberikan update program latihan untuk Timnas Indonesia kepada PSSI. Iriawan pun menjanjikan PSSI akan mendukung penuh program latihan Timnas Indonesia.

Baca juga: Janji Evan Dimas saat Mengikuti TC Timnas Indonesia Bersama Shin Tae-yong

“Pelatih Shin Tae-yong senang dapat kembali ke Indonesia dan tak sabar memimpin latihan. Ia menyatakan bahwa dirinya siap bekerja keras untuk Timnas Indonesia. Apalagi saat ini ia memimpin dua Timnas (senior dan U-19) yang sedang melakoni pemusatan latihan di Jakarta,” ujarnya mengutip laman PSSI, Rabu (29/7/2020).

Foto/PSSI

Pada pertemuan tersebut dihadiri Waketum PSSI Iwan Budianto, Exco PSSI Endri Erawan, Haruna Sumitro, Plt Sekjen Yunus Nusi, dan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

Baca juga: Tampilkan Corak Khas Nusantara, PSSI Resmikan Jersey Tandang Timnas Indonesia 

Iriawan menjelaskan bahwa pertemuannya dengan Shin Tae-yong merupakan sambutan sejak pelatih asal Korea Selatan tersebut kembali ke Jakarta. Tae-yong tiba di Indonesia pada Rabu 22 Juli 2020 dan sudah menjalani test swab.

“Kami melakukan pertemuan dengan pelatih Shin Tae-yong sambil mengundang makan malam. Ini sekaligus menjadi sambutan selamat datang untuk pelatih Shin Tae-yong,” tambah Iriawan.

Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia senior dan Timnas Indonesia U-19. Ia sudah menetapkan 29 nama pemain untuk mengikuti pemusatan latihan atau training center (TC) bersama Timnas Indonesia. Sedangkan untuk Timnas U-19, ia sudah memanggil 46 pemain untuk menjalani TC.

Dua tim tersebut sudah berada di Hotel Fairmont sejak Kamis, 23 Juli 2020. Rencananya latihan akan digelar pada 24 Juli hingga 8 Agustuts mendatang. Namun, hingga saat ini kedua tim belum memulai latihan tanpa alasan yang jelas.

Bagi Timnas Indonesia, latihan sebagai persiapan untuk mengikuti Piala Dunia Qatar 2022. Timnas akan tuan rumah Thailand (8 Oktober 2020), menjamu Uni Emirat Arab (13 Oktober 2020), dan tandang ke Vietnam (12 November 2020.

Timnas juga akan mengikuti Piala AFF pada November-Desember mendatang, dengan target menjadi juara.

Foto/PSSI

Sementara Timnas U-19 digembleng di pemusatan latihan ini untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

Timnas U-19 juga dipersiapkan untuk tampil di Piala Dunia U-20, di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

Selama pandemi covid-19, Timnas U-19 melakukan TC virtual sejak Mei hingga Juli ini. Mereka melakukan latihan terakhir di lapangan yakni pada Januari lalu di Chiang Mai, Thailand.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini