PSSI Diminta Beri Dukungan Penuh untuk Shin Tae-yong

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 19:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 51 2251116 pssi-diminta-beri-dukungan-penuh-untuk-shin-tae-yong-CWo6LCzgbU.jpg Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

JAKARTA – Belum lama ini persepakbolaan Tanah Air sempat dikejutkan dengan ketegangan yang terjadi di antara Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dengan Direktur Teknis, indra Sjafri. Tak ayal, hal ini sempat menciptakan suasana yang tidak kondusif.

Selain itu, persoalan juga sempat terjadi karena terjadi perbedaan pendapat soal lokasi TC. Pasalnya, Shin Tae-yong menginginkan menjalani training center (TC) dilakukan di Korea Selatan. Sementara itu, PSSI berharap agar TC dilakukan di Indonesia.

Kendati demikian, saat ini persoalan tersebut telah berlalu. Shin Tae-yong pun telah kembali ke Indonesia untuk memimpin latihan.

Baca juga: Shin Tae-yong Sudah Tiba di Jakarta, Begini Tanggapan Ketum PSSI

Shin Tae-yong

Menanggapi situasi ini, komentator sepakbola Indonesia, Maruf El Rumi, tentunya mengharapkan yang terbaik untuk persepakbolaan Tanah Air. Terlepas dari segala drama yang sebelumnya terjadi, Bung Maruf berharap agar Shin Tae-yong bisa mendapat dukungan penuh dari PSSI.

Terlebih, Shin Tae-yong sendiri belum mendapat kesempatan untuk menunjukkan kapasitasnya membangun tim. Sebab, tak lama setelah dilantiknya pelatih asal Korea Selatan itu menangani Timnas Indonesia, terjadi pandemi Virus Corona (Covid-19) yang berdampak besar pada dunia sepakbola.

“Kita kan belum lihat kinerja Shin Tae-yong secara penuh. Karena baru dia menjalani (sebagai pelatih), tapi sudah ada masalah. Yang penting percaya dulu kepada pelatih. Ketika PSSI menunjuk Shin Tae-yong tentu dengan pertimbangan yang sangat ketat,” ujar Bung Maruf, dalam diskusi Okezone Stories bertema 'Masa Depan Sepakbola Indonesia di New Normal'.

“Apalagi ia menangani tim dari U-19, U-23, sampai senior itu kan luar biasa, dengan jadwal yang sangat berdekatan. Senior ada kualifikasi Pra-Piala Dunia, ada AFF, lalu U-19 bersiap untuk Piala Dunia ketika menjadi tuan rumah. Itu kan tantangan yang luar biasa,” lanjutnya.

“Jadi PSSI harus memberi dukungan penuh. Ketika Shin Tae-yong ingin melakukan TC di Korea tentu harus ada pertimbangan teknis, nonteknis. Mungkin Shin Tae-yong juga harus membiasakan diri dengan kondisi yang tidak normal, seperti misalnya menggelar pelatihan di Indonesia,” pungkas Bung Maruf.

Shin Tae-yong

Saat ini, disebutkan bahwa PSSI mendukung penuh apa pun keputusan yang diambil Shin Tae-yong, termasuk melaksanakan TC di Korea Selatan. Hal ini disampaikan langsung oleh Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

Hanya saja, Yunus Nusi menggarisbawahi satu hal. Federasi Sepakbola Indonesia akan menuruti permintaan Shin Tae-yong, asalkan pelatih 49 tahun itu membeberkan rencana yang jelas perihal kebijakan apa pun yang ingin diambil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini