5 Kemenangan Terindah Zidane Bersama Madrid, Nomor 1 Bantai Juventus di Final Liga Champions

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 20 Juli 2020 19:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 20 51 2249411 5-kemenangan-terindah-zidane-bersama-madrid-nomor-1-bantai-juventus-di-final-liga-champions-6zdm1mHRNQ.jpg Zinedine Zidane (Foto: Twitter @realmadrid)

DALAM dunia sepakbola, sangat sedikit sosok pemain besar yang berhasil meraih kesuksesan ketika beralih jadi juru taktik. Zinedine Zidane adalah salah satu sosok yang berhasil menorehkan prestasi gemilang baik sebagai pemain ataupun pelatih.

Perjalanan karier Zidane sebagai pelatih pun bisa dibilang sangat luar biasa. Zidane pertama kali ditunjuk sebagi pelatih Madrid di awal tahun 2016 untuk menggantikan peran Rafael Benitez. Pada musim debutnya Zidane pun langsung mempersembahkan trofi Liga Champions untuk Madrid.

Sejak saat itu, terdapat banyak pertandingan yang telah dilewati Zidane sebagai pelatih. Bahkan terdapat lima kemenangan terindah yang dirasakan Zidane sebagai juru taktik Los Blancos –julukan Madrid.

Berikut lima kemenangan terindah yang dirasakan Zidane bersama Madrid:

5. Real Madrid 1-0 Atletico Madrid (La Liga Spanyol 2019-2020)

Real Madrid

Secara skor, pertandingan antara Madrid kontra Atletico ini memang tidak begitu spesial. Namun yang membuat pertandingan ini mengesankan adalah kejeniusan Zidane sebagai seorang pelatih, kala timnya mengalami deadlock.

Madrid yang sepanjang laga dibuat kesulitan meladeni gaya bermain keras ala Atletico, memaksa Zidane mengubah strategi dari 4-4-3 menjadi 4-2-3-1. Formasi itu pun berhasil membuat Atletico kelabakan, hingga akhirnya Madrid mencetak gol kemenangan melalui aksi dari Karim Benzema di menit ke-56.

4. Real Madrid 2-0 Barcelona (La Liga Spanyol 2019-2020)

Real Madrid

Pada pertandingan ini, kejeniusan Zidane sebagai pelatih kembali diuji. Menghadapi Quique Setien yang mempunyai segudang pengalaman di kompetisi La Liga Spanyol 2019-2020 tak membuat pelatih asal Prancis itu gentar.

Dalam pertandingan itu, Madrid memang terlihat berada di bawah kendali Barca yang menerapkan strategi 4-4-2. Namun berkat kejeniusan Zidane, Madrid berhasil memaksimalkan formasi 4-2-3-1 dengan menggandalkan serangan balik hingga akhirnya menang 2-0 atas Barca. Dua gol kemenangan Madrid sendiri disumbangkan oleh Vinicus Junior dan Mariano Diaz.

3. Real Madrid 3-1 Liverpool (Final Liga Champions 2017-2018)

Real Madrid vs Liverpool

Kemenangan Madrid atas Liverpool di final Liga Champions 2017-2018 memang tak lepas dari keberuntungan. Keberuntungan pertama adalah cedera yang diderita Mohamed Salah di babak pertama, keberuntungan kedua adalah performa buruk Loris Karius di pos penjaga gawang Liverpool.

Meski kejeniusan Zidane juga memiliki peran di balik kesuksesan Madrid tersebut. Ya, Zidane memutuskan untuk memainkan Gareth Bale kala kedudukan tengah berimbang 1-1. Keputusan Zidane tersebut pun tepat, lantaran Bale jadi pahlawan kemenangan Madrid melalui brace-nya.

2. Juventus 0-3 Real Madrid (Leg Pertama Perempatfinal Liga Champions 2017-2018)

Real Madrid vs Juventus

Pada pertandingan ini, Madrid coba menerapkan formasi berbeda seperti biasanya. Ya, di pertandingan tersebut Zidane memasang formasi 4-3-1-2. Di laga tersebut, Zidane membiarkan Isco bergerak bebas di lini tengah Madrid.

Alhasil, Isco pun berhasil membuat lini pertahanan Bianconeri –julukan Juve– kerepotan. Madrid berhasil memenangkan laga melalui dwigol Cristiano Ronaldo dan Marcelo Vieira. Termasuk gol salto Ronaldo yang membuat kagum para pendukung Juve.

1. Real Madrid 4-1 Juventus (Final Liga Champions 2016-2017)

Real Madrid juara Liga Champions

Ketika menghadapi Juve, Madrid memang kurang begitu diunggulkan. Pasalnya Juve sendiri berhasil melaju ke final dengan performa menjanjikan. Selain itu fakta bahwa kutukan juara bertahan yang mengiringi langkah para pemain Madrid di laga final tersebut.

Akan tetapi kenyataannya, Madrid justru berhasil tampil lepas sepanjang laga. Dengan memainkan formasi 4-4-3, para pemain Madrid terlihat sangat nyaman memberikan tekanan ke pertahanan Juve. Empat gol pun disarangkan para pemain Madrid ke gawang Juve yang dikawal Gianluigi Buffon.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini