5 Pemain Bintang yang Gagal Total di Barcelona, Siapa Saja?

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 46 2245096 5-pemain-bintang-yang-gagal-total-di-barcelona-siapa-saja-3GNSjXlXt8.jpg Ousmane Dembele (Foto: Reuters)

BERMAIN untuk klub besar seperti Barcelona tentunya merupakan impian bagi banyak pesepakbola. Barcelona sendiri adalah klub yang selalu berusaha untuk terus melangkah maju. Maka dari itu, mereka tak ragu melakukan perubahan di dalam skuadnya jika itu dianggap sebagai hal terbaik untuk dilakukan.

Kendati demikian, pada kenyataannya , tak semua pemain yang bergabung dengan Barca bisa menjadi bagian penting dari tim atau meningkatkan kariernya. Sebab, tak jarang dari meleka yang justru menjadi melempem atau kalah saing dari pemain lain. Berikut adalah lima pemain yang kariernya menurun setelah bergabung dengan Barca:

5. Philippe Coutinho

Philippe Coutinho

Barcelona merekrut Philippe Coutinho pada bursa transfer musim dingin 2018. Kala itu Coutinho ditebus dengan mahar 105 juta pounds dari Liverpool dan diharapkan bisa menjadi penerus Andres Iniesta sebagai otak kreatif Barca.

Pada awalnya, Coutinho bisa tampil cukup baik. Akan tetapi, begitu memasuki musim kompetisi 2018-2019, Coutinho justru mulai tersisih dari starting XI Blaugrana. Maka dari itu, Barca pun kemudian memutuskan untuk meminjamkan Coutinho ke Bayern Munich di musim panas 2019.

4. Ousmane Dembele

Ousmane Dembele

Ousmane Dembele direkarut Barcelona dari Borussia Dortmund dengan harga 97 juta pounds pada musim panas 2017. Sebab, Blaugrana berharap Dembele bisa menjadi penerus dari Neymar Jr yang hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG).

Dembele sendiri sebenarnya mampu tampil impresif saat dalam kondisi bugar. Hanya saja, winger asal Prancis itu cukup sering mengalami cedera dan menghabiskan waktunya di ruang perawatan. Sepanjang musim ini, Dembele tercatat baru tampil sebanyak lima kali untuk Barca di ajang Liga Spanyol.

3. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic telah diakui sebagai salah satu striker terbaik di dunia. Usai menuai sukses di Italia bersama Juventus dan Inter Milan, Ibra pun direkrut oleh Barca pada musim panas 2009 dengan biaya 59 juta pounds. Tidak hanya itu, Barca bahkan harus memberikan Samuel Eto’o juga ke kubu Inter.

Secara statistik, penampilan Ibra di Barca sebenarnya tak bisa dikatakan buruk. Dari 45 kali bertanding, bomber Swedia itu mencetak 21 gol. Akan tetapi, Ibra disebut memiliki hubungan yang tak harmonis dengan Josep Guardiola selaku pelatih Barca kala itu. Maka dari itu, Ibra hanya semusim berseragam Blaugrana. Di musim panas 2010 ia pindah ke AC Milan.

2. Arda Turan

Arda Turan

Kepindahan sejumlah pemain seperti Alexis Sanchez, Cesc Fabregas, dan Pedro Rodriguez, membuat Barcelona memboyong Arda Turan dari Atletico Madrid pada musim panas 2015. Tak tanggung-tanggung, Barca menebusnya dengan harga 40 juta euro karena ketika itu Turan dianggap sebagai gelandang terbaik di Liga Spanyol setelah membantu Atletico menjadi juara.

Kendati demikian, Barca memainkan gaya sepakbola yang sama sekali berbeda dengan Atletico. Hal itu membuat Turan kesulitan untuk menampilkan performa terbaiknya. Turan pun kalah saing dari pemain Barca lainnya seperti Ivan Rakitic, Ousmane Dembele, hingga Gerard Deulofeu.

1. Alexander Hleb

Alexander Hleb

Tampil gemilang bersama Arsenal membuat Alexander Hleb direkrut Barca pada musim panas 2008. Hleb sebenarnya mendapat kesempatan untuk membuktikan diri di tim utama. Sebab, di musim debutnya, Hleb dipercaya untuk tampil dalam 38 pertandingan Blaugrana.

Meski begitu, memasuki musim kedua, Barca memutuskan untuk meminjamkan Hleb ke VfB Stuttgart. Sedangkan di musim ketiga dan keempat Hleb dipinjamkan ke Birmignham City dan VfL Wolfsburg. Hleb sayangnya tak bisa tampil apik dalam masa peminjaman tersebut, sehingga Barca tak memperpanjang kontraknya.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini