Thailand dan Filipina Wacanakan Mundur dari Piala AFF 2020, Malaysia Tetap Ambil Bagian

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 27 Mei 2020 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 27 51 2220500 thailand-dan-filipina-wacanakan-mundur-dari-piala-aff-2020-malaysia-tetap-ambil-bagian-5Hh1dGMS1B.jpg Beberapa saat jelang tembakan bebas Safawi Rasid masuk ke gawang Indonesia. (Foto: @afcdotcom)

KUALA LUMPUR – Sekretaris Jenderal Federasi Sepakbola Malaysia (FAM), Tan Sri Ibrahim Saad, memastikan Tim Nasional Malaysia tetap ambil bagian di Piala AFF 2020 meski pandemi virus corona belum benar-benar berakhir. Ia menyebut Harimau Malaya –julukan Malaysia– menghormati turnamen dua tahunan tersebut, sekaligus menjaga kesinambungan tim.

Piala AFF yang menggunakan format layaknya dua tahun lalu, rencananya digelar pada 23 November hingga 31 Desember 2020. Hanya saja, sejumlah negara mewacanakan mundur dari turnamen yang pertama kali digelar pada 1996 tersebut.

Kualifikasi Piala Dunia, Indonesia Kalah dari Malaysia

Sejumlah negara yang kemungkinan undur diri dari Piala AFF adalah Timnas Thailand dan Filipina. Thailand mundur karena ingin fokus menyelesaikan kompetisi domestik mereka yang sempat terhenti karena virus corona. Rencananya, kompetisi domestik di Thailand bakal kembali digulirkan pada September 2020 hingga Mei 2021.

Selain itu, Thailand juga memilih fokus ke Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Saat ini setelah melalui lima pertandingan, Thailand duduk di posisi tiga Grup G dengan koleksi delapan angka, terpaut tiga poin dari Vietnam di puncak klasemen. Untuk lolos ke babak ketiga secara otomatis, Thailand mesti keluar sebagai juara grup.

BACA JUGA: Indonesia Dijatuhi Hukuman Denda Miliaran dan Larangan Tanpa Penonton oleh FIFA

Bagaimana dengan Filipina? Filipina juga memiliki alasan yang tak jauh berbeda dengan Thailand. Filipina ingin fokus membenahi kompetisi domestik mereka yang kemungkinan ditangguhkan hingga Desember 2020 imbas virus corona.

"Apa yang paling penting adalah kesinambungan tim nasional. Jadi kami butuh untuk fokus pada tim sendiri daripada memikirkan negara lain. Seperti saya katakan tadi, Harimau Malaya tidak perlu bermain jika AFF membatalkan kejuaraan itu, tetapi dalam waktu yang sama, saya mau memuji FAM yang selalu menunjukkan semangat yang positif," kata Ibrahim mengutip dari media Malaysia, Sinar Harian, Rabu (27/5/2020).

Penampilan Timnas Malaysia tampil luar biasa dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan Malaysia berpeluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, mengingat saat ini mereka tengah duduk di posisi kedua Grup G dengan koleksi sembilan angka, terpaut dua poin dari Vietnam di puncak klasemen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini