Diego Simeone dan Conceicao Jadi Pelatih Top, Ini Dia Sosok yang Membentuknya

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 15 Mei 2020 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 15 51 2214678 diego-simeone-dan-conceicao-jadi-pelatih-top-ini-dia-sosok-yang-membentuknya-DBQc9d8T86.jpg Simeone sukses sebagai pelatih. (Foto: @Atleti)

ROMA – Pelatih kawakan asal Swedia, Sven-Goran Eriksson berstatus sebagai pelatih selama 42 tahun (1977-2019). Dalam kurun waktu tersebut, ribuan pemain sempat ditangani pelatih 72 tahun tersebut.

Dari sekian banyak pemain yang ditangani Eriksson, beberapa di antaranya muncul sebagai pelatih. Setidaknya ada tiga mantan anak asuh Eriksson yang kini berstatus sebagai pelatih kenamaan, yakni Roberto Mancini (Timnas Italia), Diego Simeoe (Atletico Madrid) dan Sergio Conceicao (FC Porto).

Sven-Goran Eriksson

(Sven-Goran Eriksson lahirkan sejumlah pelatih ternama)

Uniknya, ketiga nama di atas ditangani Eriksson di klub yang sama, Lazio. Saat itu Gli Aquilotti –julukan Lazio– merupakan salah satu klub terbaik di Italia. Terbukti berkat bantuan mereka, Lazio keluar sebagai jawara Liga Italia 1999-2000.

BACA JUGA: Cerita Sven Goran-Eriksson yang Menyesal Tinggalkan Lazio demi Timnas Inggris

Dari ketiga nama di atas, siapa yang paling awal berkarier sebagai pelatih? Mancio –sapaan akrab Mancini– jadi yang pertama dengan menangani Fiorentina pada 2001. Total selama hampir 19 tahun berkarier sebagai pelatih, Mancio telah mengoleksi 13 trofi. Dari 13 trofi, Mancini tercatat pernah memenangkan trofi Liga Italia dan Liga Inggris.

Sementara Cholo –sapaan akrab Simeone– berkarier sebagai pelatih sejak 2006 dengan menangani Racing Club. Total dari 2006, Simeone telah mengoleksi sembilan gelar. Hebatnya, Simeone pernah memenangkan trofi Liga Spanyol 2013-2014 bersama Atletico Madrid, mengungguli Real Madrid dan Barcelona.

Selain itu, Simeone juga dua kali memenangkan trofi Liga Eropa. Bagaimana dengan Conceicao? Ia pertama kali menjabat sebagai pelatih kepala pada 2012 dengan menangani Olhanense. Total Conceicao telah memenangi dua trofi dan satu di antaranya merupakan gelar Liga Portugal 2017-2018 bersama Porto.

“Saya menang mengharapkan beberapa dari mereka menjadi pelatih hebat. Tidak banyak yang seperti Sergio Conceicao atau Diego Simeone. Saya bangga mereka memiliki karier yang hebat. Saya harap mereka belajar sedikit dari saya,” kata Eriksson mengutip dari Football Italia, Jumat (15/5/2020).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini