Liga Belgia Tunjuk Club Brugge sebagai Juara Jadi Kabar Baik untuk Liverpool

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 03 April 2020 02:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 03 51 2193304 liga-belgia-tunjuk-club-brugge-sebagai-juara-jadi-kabar-baik-untuk-liverpool-nZLkYVHxO1.jpg Trofi Liga Inggris (Foto: AFP)

BRUSSEL – Liga Belgia jadi kompetisi pertama di Benua Eropa yang mengakhiri musim 2019-2020 akibat pandemi virus Corona (COVID-19). Meski Belgia tidak terlalu terdampak virus yang menyerang saluran pernapasan itu, tetapi keputusan untuk mengakhiri kompetisi telah diambil.

Liga Belgia Ditangguhkan sampai 30 April 2020 tetapi karena menilai kondisi tidak memungkinkan untuk menyelesaikan kompetisi musim ini, maka keputusan penghentian pun diambil. Seperti yang dilaporkan Football Italia, Jumat (3/4/2020), Club Brugge yang duduk di puncak klasemen sementara dengan koleksi 70 poin pun ditunjuk sebagai juara Liga Belgia. Brugge unggul 15 poin dari KAA Gantoise yang ada di posisi kedua.

Club Brugge (Foto: Twitter/@SMignolet)

Namun, tanpa kompetisi dihentikan lebih cepat sejatinya Brugge secara tidak resmi sudah menjadi juara karena poinnya tidak mungkin dikejar. Apalagi, Liga Belgia hanya menyisakan satu pertandingan lagi yakni laga pekan ke-30 sebelum kompetisi dihentikan.

BACA JUGA: Van Dijk Akui Terinspirasi Legenda Liverpool, Samy Hyypia

Sementara itu, untuk menentukan tim yang tampil di kompetisi Eropa musim depan menggunakan klasemen sebelum terakhir. Liga Belgia pun tidak menerapkan degradasi pada musim ini. Kemudian dua tim teratas di kasta kedua Liga Belgia akan langsung promosi.

Tindakan untuk menghentikan Liga Belgia di tengah pandemi virus Corona tetap memberikan efek besar kepada liga-liga top Eropa. Sebab, lima liga top Eropa di Inggris, Spanyol, Italia, Jerman dan Prancis masih melakukan penangguhan kompetisi.

Liga-liga top Eropa itu masih berusaha untuk menyelesaikan kompetisi musim ini. Jika perlu maka liga akan dilanjutan pada musim panas agar kompetisi bisa diselesaikan. Hal itu dilakukan karena masih banyak pertandingan yang harus dimainkan untuk menentukan juara.

Namun, di Liga Inggris tidaklah demikian. Liga Inggris baru memainkan 29 pertandingan tetapi juara sudah hampir diketahui dengan jelas. Liverpool yang ada di posisi pertama dengan koleksi 82 poin hanya butuh dua kemenangan lagi untuk menjadi juara. Liga Inggris dapat meniru Liga Belgia sehingga bisa mengalihkan fokus ke kompetisi musim depan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini