nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Persebaya vs Arema FC Berakhir 4-2, Bajul Ijo Tantang Persija di Final

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 18 Februari 2020 17:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 18 49 2170440 persebaya-vs-arema-fc-berakhir-4-2-bajul-ijo-tantang-persija-di-final-LhEg1gliDa.jpeg Persebaya Surabaya menantang Persija Jakarta di Final Piala Gubernur Jatim 2020 (Foto: Persebaya Surabaya)

BLITAR – Persebaya Surabaya sukses menekuk Arema FC dengan skor 4-2 pada Semifinal Piala Gubernur Jatim 2020, Selasa (18/2/2020) sore WIB di Stadion Soepriadi, Blitar. Dengan demikian, Bajul Ijo akan menantang Persija Jakarta pada babak final yang rencananya dihelat pada Kamis 20 Februari 2020.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Ketidakhadiran penonton tak lantas membuat laga berkurang tensinya. Sebaliknya, kedua kesebelasan berani jual beli serangan sejak awal. Hasilnya, Singo Edan bahkan bisa unggul cepat lewat sang kapten, Johan Alfarizi, di menit ketiga.

Baca juga: Persebaya vs Arema FC, Bajul Ijo Unggul Sementara 2-1

Gol berawal dari situasi tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Persebaya. Eksekusi Oh In-kyun berhasil ditepis oleh Rivky Mokodompit. Akan tetapi, situasi kemelut mampu dimanfaatkan Johan Alfarizi untuk mencetak gol.

Persebaya Surabaya menang 4-2 atas Arema FC (Foto: Instagram/Arema FC)

Kerasnya partai tersebut dibuktikan dengan kartu merah bagi Jonathan Bauman di menit 19. Pesepakbola berkebangsaan Argentina itu dinilai sengaja menendang Arif Satriya usai keduanya berduel di kotak penalti. Wasit Fariq Hitaba dengan tegas langsung mencabut kartu merah dari kantungnya.

Penetrasi brilian dari David da Silva di menit 28 berhasil menyamakan kedudukan. Pemain berkebangsaan Brasil itu mampu memanfaatkan skill individu dan kecepatannya untuk menembus lini belakang Arema sebelum dengan tenang menaklukkan Kurniawan Kartika Aji di bawah mistar gawang.

Jelang babak pertama berakhir, David da Silva kembali mengancam gawang Kurniawan Kartika Aji pada menit 44 lewat tembakan mendatar. Sayangnya, peluang itu masih bisa digagalkan kiper. Mahmoud Eid yang masuk menggantikan Supriadi, membawa Bajul Ijo unggul 2-1, dengan golnya tepat sebelum wasit mengakhiri babak pertama.

Babak Kedua

Unggul jumlah pemain membuat Persebaya Surabaya lebih leluasa mendominasi pertandingan. David da Silva langsung mengancam beberapa detik setelah babak kedua dimulai. Beruntung, bola masih bisa dihalau Kartika Aji meski wasit menyatakan ada pelanggaran offside.

Demi menambah daya dobrak, Aji Santoso memasukkan Irfan Jaya pada menit 52. Baru dua menit berada di lapangan, Irfan Jaya berhasil membawa Persebaya unggul 3-1. Tembakannya dari dalam kotak penalti tidak mampu dihalau Kartika Aji dengan kedua kakinya.

Kerasnya laga membuat wasit Fariq Hitaba mengganjar Abu Rizal dengan kartu kuning kedua di menit 60. Kedua kesebelasan dalam kondisi seimbang, yakni sama-sama diperkuat 10 pemain. Situasi itu coba dimanfaatkan oleh Arema FC untuk meningkatkan intensitas serangan.

Sayangnya, David Da Silva mencetak gol keduanya pada laga tersebut di menit 70. Lewat skema serangan balik, Irfan Jaya sanggup melepas umpan silang terukur dan disambut tandukan keras David da Silva hingga memaksa Kurniawan Kartika Aji memungut bola untuk keempat kalinya.

Arema FC tak mau menyerah begitu saja. Elias Alderete mampu memperkecil skor menjadi 4-2 pada menit 73. Pemain asal Argentina itu dengan tenang menaklukkan Rivki Mokodompit dari jarak dekat usai menembus pertahanan Persebaya.

Dendi Santoso hampir mencetak gol ketiga bagi skuad asuhan Mario Gomez di menit 90. Sayangnya, bola tembakannya dengan mudah diamankan Rivki. Sejurus kemudian, Oh In-kyun juga mencoba peruntungan, tetapi gagal. Skor akhir tetap 4-2 untuk kemenangan Persebaya sehingga melaju ke final.

Susunan Pemain

Persebaya Surabaya: Rivki Mokodompit; Abu Rizal Maulana, Arif Satriya, Rizky Ridho, Nasir; Hambali Tholib (Ricky Kambuaya 56’), Makan Konate, Muhammad Hidayat (Zoubairou Garba 83’); Oktafianus Fernando (Irfan Jaya 52’), David da Silva (Patrick Wanggai 85’), Muhammad Supriadi (Mahmoud Eid 30’)

Cadangan: Angga Saputra, Mahmoud Eid, Zoubairou Garba, Ricky Kambuaya, Alwi Slamat, Patrick Wanggai, Irfan Jaya

Pelatih: Aji Santoso

Arema FC: Kurniawan Kartika Aji; Vikrian Akbar (Kushedya Hari Yudo 55’), Johan Alfarizi, Nurdiansyah, Taufik Hidayat (Syaiful Indra 79’); Hanif Sjahbandi, Dave Mustaine (Jayus Hariono 84’), Oh In-kyun; Ridwan Tawainella (Dendi Santoso 46’), Jonathan Bauman, Elias Alderete

Cadangan: Teguh Amiruddin, Ganjar Mukti, Syaiful Indra, Jayus Hariono, Dendi Santoso, Titan Agung, Kushedya Hari Yudo

Pelatih: Roberto Carlos Mario Gomez

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini