nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menanti Kiprah Gong Oh-kyun Bersama Timnas Indonesia U-19

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 16:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 10 51 2151495 menanti-kiprah-gong-oh-kyun-bersama-timnas-indonesia-u-19-DKPtwZJpJH.jpg Gong Oh-kyun pelatih Timnas Indonesia U-19, pengganti Fakhri Husaini. (Foto: Istimewa)

JAKARTA Shin Tae-yong dipercaya PSSI sebagai manajer Tim Nasional (Timnas) Indonesia. Pelatih 50 tahun itu akan bertanggungjawab terhadap empat level Timnas yang dimiliki Indonesia, mulai dari U-16, U-19, U-23 hingga senior.

Karena itu, di setiap level, Tae-yong menunjuk satu pelatih kepala. Di Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti ditunjuk sebagai pelatih kepala, didampingi Indritanyo Nugroho, Firmansyah dan Markus Horison.

PSSI Perkenalkan Pelatih Anyar Timnas Indonesia Shin Tae Yong

Kemudian, Timnas Indonesia U-19 dipimpin Gong Oh-kyun yang diasisteni Nova Arianto. Selanjutnya untuk Timnas Indonesia U-23 dipimpin Indra Sjafri yang dibantu Nova Arianto dan Kim Woo-jae.

Bagaimana dengan Timnas senior Indonesia? Tae-yong akan mengambil alih langsung dan dibantu Indra Sjafri, Kim Hae-woon (pelatih kiper) dan Lee Jae-hong (pelatih fisik). Melihat susunan di atas, tidak ada lagi nama Fakhri Husaini, pelatih yang membawa Timnas Indonesia U-19 lolos ke Piala Asia U-19 2020.

BACA JUGA: Prioritaskan U-19, Timnas Senior Indonesia Berkumpul pada Februari 2020

Dalam beberapa kesempatan, Fakhri menegaskan tidak tertarik terlibat dalam tim kepelatihan Tae-yong. Karena itu, pelatih asal Aceh itu memilih untuk melanjutkan kerjanya sebagai salah satu karyawan di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Pupuk Kaltim Bontang.

Meski begitu, jangan takut prestasi Timnas Indonesia U-19 bakal menurun seiring kepergian Fakhri. Sebab, Timnas Indonesia U-19 saat ini ditangani pelatih yang tidak kalah hebatnya dengan Fakhri. Seperti yang sudah diutarakan di atas, skuad Garuda Nusantara akan ditangani Oh-kyun.

Fakhri Husaini

(Fakhri Husani saat bawa Timnas Indonesia U-19 ke Piala Asia U-19 2020)

Jangan ragukan kualitas pelatih 45 tahun ini. Oh-kyun merupakan salah satu kunci sukses Korea Selatan lolos ke final Piala Dunia U-20 2019. Saat itu, ia berstatus sebagai asisten dari pelatih kepala Korea Selatan U-20, Kim Jung-soo.

Berkat masukan dari Oh-kyun, Korea Selatan mengalahkan sejumlah tim kuat seperti Argentina (2-1), Jepang (1-0) dan Ekuador (1-0). Hanya saja, dewi fortuna belum berpihak kepada Lee Kang-in dan kawan-kawan setelah tumbang 1-3 dari Ukraina di partai puncak.

Karena itu, pengalaman Oh-kyun diharapkan dapat memberikan hasil positif bagi Timnas Indonesia U-19 yang akan turun di Piala Asia U-19 2020, serta Piala Dunia U-20 2021. Prestasi maksimal tentu dituntut pencinta sepakbola Tanah Air, mengingat Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini