nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bersinar di Chelsea, Tenaga Tammy Abraham Belum Dimanfaatkan Timnas Inggris

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 19 Oktober 2019 13:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 18 51 2118789 bersinar-di-chelsea-tenaga-tammy-abraham-belum-dimanfaatkan-timnas-inggris-JvxRMvNgwe.jpg Tammy Abraham saat membela Timnas Inggris. (Foto: Istimewa)

TAMMY Abraham tampil garang bersama Chelsea musim ini, khususnya di ajang Liga Inggris. Terbukti dari delapan pertandingan, penyerang 22 tahun itu mampu mengemas delapan gol dan untuk sementara menyandang status tertajam bersama Sergio Aguero (Manchester City).

Ketajaman yang ditunjukkan bersama Chelsea membuat pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, memanggilnya. Runner-up top skor UEFA Youth League (Liga Champions junior) 2015-2016 itu dipersiapkan Southgate saat Inggris menghadapi dua laga Kualifikasi Piala Eropa 2020 kontra Republik Ceko dan Bulgaria pada medio akhir pekan lalu dan minggu ini.

Tammy Abraham

(Tammy Abraham saat berlatih bersama rekan-rekannya di Timnas Inggris)

Hanya saja, tenaga penyerang bertinggi badan 191 sentimeter itu benar-benar belum dimanfaatkan secara maksimal oleh Southgate. Dalam pola 4-3-3- racikan Southgate, Abraham kalah saing dengan kapten Tottenham Hotspur dan Timnas Inggris, Harry Kane.

Saat Inggris takluk 1-2 dari Republik Ceko, Abraham hanya turun selama dua menit. Abraham masuk menggantikan Declan Rice di menit 88. Hal yang lebih parah dialami Abraham saat Inggris mengalahkan Bulgaria 6-0 pada Selasa 15 Oktober 2019 dini hari WIB.

Meski Inggris sudah unggul 4-0 ketika babak pertama berakhir, Southgate sama sekali tidak memiliki keinginan untuk memasukkan Abraham. Alhasil hingga pertandingan berakhir dan Inggris menang 6-0, penyerang berambut gimbal itu sama sekali tidak diturunkan.

Akan tetapi, fakta di atas tak seharusnya membuat Abraham jatuh. Sebab, jika terus tampil konsisten di Liga Inggris, ia memiliki kesempatan untuk menggeser Kane dari posisi starter. Apalagi musim ini, Abraham mencetak lebih banyak gol ketimbang Kane di Liga Inggris. Sejauh ini Kane baru mendulang lima gol di ajang Liga Inggris, terpaut tiga bola dari Abraham.

Infografis Tammy Abraham

Bukan tak mungkin jika Abraham tampil tajam dan di saat yang bersamaan Southgate enggan menggeser Kane, eks pelatih Middlesbrough itu akan mengubah pola andalannya. Southgate bisa saja memainkan pola dua penyerang demi memaksimalkan potensi Abraham dan Kane.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini