nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PSSI Pilih Pelatih Lokal atau Milla untuk Gantikan McMenemy?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 17 Oktober 2019 10:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 17 51 2118046 pssi-pilih-pelatih-lokal-atau-milla-untuk-gantikan-mcmenemy-dsMcXTyyaf.jpg Luis Milla kandidat pelatih Timnas Indonesia selanjutnya. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Kontrak Simon McMenemy bersama Tim Nasional (Timnas) Indonesia memang baru akan berakhir pada 31 Desember 2020. Akan tetapi, bukan berarti McMenemy bisa duduk nyaman di kursi pelatih Timnas Indonesia hingga kontraknya berakhir.

Sebab, McMenemy gagal memberikan hasil optimal bagi Timnas Indonesia di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Dari empat pertandingan yang dijalani, skuad Garuda selalu mengalami kekalahan. Karena itu, wacana pemecatan kepada McMenemy pun mencuat.

Simon McMenemy

Jika nantinya McMenemy benar dipecat, siapa yang akan menangani Timnas Indonesia? Nama Luis Milla kembali mencuat ke permukaan. Dalam pembicaraan yang baru-baru ini dilakukan dengan eks Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI yakni Ade Wellington, Milla tertarik kembali menangani Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Didukung untuk Kembali, Catatan Luis Milla Bersama Timnas Indonesia Tidak Bagus

Pencinta sepakbola Tanah Air pun mendorong PSSI untuk kembali mengontrak pelatih 53 tahun tersebut. Hanya saja, kontrak Milla terhitung tinggi yakni mencapai angka Rp2 miliar per bulan. Meski begitu, Milla bukanlah satu-satunya pilihan.

Saat ini PSSI memiliki 20 pelatih dengan lisensi AFC Pro. Mereka ialah Emral Abus, Rahmad Darmawan, Iwan Setiawan, Nil Maizar, Indra Sjafri, Widodo Cahyono Putro, Yeyen Tumena, Mundari Karya, Yunan Helmi, Syafrianto Rusli, Seto Nurdiantoro, Djajang Nurdjaman, Bambang Nurdiansyah, Aji Santoso, Wolfgang Pikal, Rudy Eka, Priyambada, Joko Susilo, Liestiadi, Hanafing, dan Tony Ho.

Rahmad Darmawan

(Rahmad Darmawan bisa dipertimbangkan untuk jadi pelatih Timnas Indonesia)

Jelas, nama-nama di atas diyakini memiliki pengayaan taktik yang lebih banyak ketimbang McMenemy. Sebab, McMenemy saat ini baru memiliki lisensi A AFC, atau satu level lebih rendah ketimbang AFC Pro.

Selain 20 nama di atas, sosok Fakhri Husaini juga bisa dipertimbangkan. Pelatih asal Aceh itu terhitung sukses saat membesut Timnas Indonesia U-16 dan kini bareng U-19. Karena itu, melihat sederet nama pelatih di atas, tidak ada salahnya bagi PSSI untuk memilih juru taktik lokal sebagai pelatih Timnas Indonesia selanjutnya, jika McMenemy jadi dipecat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini