Andritany Ardhiyasa Masih Layak Bela Timnas Indonesia?

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 27 September 2019 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 27 51 2109949 andritany-ardhiyasa-masih-layak-bela-timnas-indonesia-5n3PR9ZYU7.jpg Andritany masih dipanggil Timnas Indonesia. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Simon McMenemy, memanggil 25 pemain yang dipersiapkan tampil di laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada 10 dan 15 Oktober 2019. Dari 25 nama pemain yang panggil, terdapat nama kapten Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa.

Kembali masuknya nama Andritany menimbulkan pro dan kontra. Sebab, kiper Persija Jakarta itu dinilai tampil buruk saat Indonesia kalah 2-3 Malaysia dan 0-3 kontra Thailand di dua laga awal Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Andritany

Saat menghadapi Malaysia, Andritany terkesan membiarkan bola umpan silang Matthew Davies sehingga dapat dimaksimalkan secara sempurna oleh Mohamadou Sumareh, sekaligus membungkus kemenangan 3-2 Malaysia atas Indonesia. Kemudian, saat menghadapi Thailand, ia berandil atas gol kedua sang lawan yang dicetak Theerathon Bunmathan via eksekusi penalti.

BACA JUGA: McMenemy Panggil 25 Pemain untuk Hadapi UEA dan Vietnam

Saat itu, Indonesia dihukum penalti karena Andritany menjatuhkan winger Thailand, Suphacok Sarachat di kotak terlarang. Selain membuat kesalahan di dua laga di atas, catatan Andritany di Liga 1 2019 juga jauh dari kata baik.

Dari 11 pertandingan di Liga 1 2019, Andritany kemasukan 11 kali dan hanya mencatatkan tiga clean sheet. Catatan itu jauh tertinggal jika dibandingkan penjaga gawang Bali United, Wawan Hendrawan. Dari 19 pertandingan, Wawan hanya kemasukan 12 bola.

Andritany

Bahkan, sembilan pertandingan di antaranya dilewati Wawan secara clean sheet. Karena itu, berhubung Wawan masuk ke dalam 25 nama yang dipersiapkan jelang menghadapi Uni Emirat dan Vietnam, tidak ada salahnya bagi McMenemy memberikan kesempatan tampil kepada kiper 36 tahun itu, alih-alih terus mengandalkan Andritany.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini