nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cucu BJ Habibie Ternyata Pernah Hampir Gabung Timnas Indonesia U-18

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 21:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 11 51 2103700 cucu-bj-habibie-ternyata-pernah-hampir-gabung-timnas-indonesia-u-18-SSmHGMJ7I0.jpg Rafid Habibie sedang bertanding (Foto: Instagram Rafid Habibie)

JAKARTA – Indonesia tengah berduka atas meninggalnya sang mantan presiden republik ini, BJ Habibie. Selama ini keluarga besar Habibie dikenal berkutat di bidang sains dan teknologi. Kendati begitu, nyatanya ada juga trah Habibie yang merintis karier di dunia sepakbola, yakni Muhammad Rafid Habibie.

Rafid adalah putra dari Rully Habibie, yang merupakan anak kandung dari adik BJ Habibie, Junus Effendi Habibie. Nama Rafid mulai mencuat ke permukaan pada 2016, kala ia mengikuti latihan di klub Bali United. Saat itu, kehadiran Rafid disambut baik oleh Indra Sjafri, yang menjabat sebagai Pelatih Bali United.

Baca juga: 3 Pemain UEA yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia, Siapa Saja?

Rafid Habibie (kiri)

Dituturkan oleh Indra kala itu bahwa ia hanya memantau kemampuan yang dimiliki Rafid. Pasalnya, Rafid akan mengikuti trial di klub Portugal, Sporting Lisbon, ketika itu. Maka dari itu, Indra tak keberatan untuk membantu.

“Kehadiran Rafid merupakan keinginan dari orang tuanya yang menginginkan saya untuk melihat sejauh mana kemampuannya bermain bola karena nantinya Rafid akan berangkat ke Portugal untuk trial bersama Sporting Lisbon,” ujar Indra kala itu.

Pada 2017, Rafid dan Indra kembali bertemu. Kali ini, Indra yang menjabat sebagai Pelatih Timnas Indonesia U-18, memanggil Rafid untuk mengikuti seleksi. Saat itu, Rafid sejatinya tengah menimba ilmu di Italian Soccer Management Academy (ISMA), Italia.

Dari 12 pemain yang mengikuti seleksi kala itu, Indra hanya memilih dua nama saja untuk bergabung dengan skuadnya yang akan berlaga Piala AFF U-18 2017 di Myanmar. Sayangnya, pada saat itu Rafid tidak dipilih oleh Indra karena dirasa kalah saing dari pemain lain.

"Rafid Habibie saya coret karena kalah bersaing dengan rekan-rekan setimnya,” jelas Indra saat itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini