nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Thailand Sudah Pindah Stadion, Indonesia Kapan?

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 11 September 2019 19:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 11 51 2103509 thailand-sudah-pindah-stadion-indonesia-kapan-tMvEfuwh3c.jpg Irfan Bachdim saat berduel dengan Pansa Hemviboon. (Foto: PSSI)

BANGKOK – Presiden Federasi Sepakbola Malaysia (FAM), Datuk Hamidin, mendorong PSSI agar Tim Nasional (Timnas) Indonesia tak lagi menggelar laga kandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Hal itu terutama saat Indonesia menjamu Malaysia di berbagai turnamen yang mempertemukan kedua negara.

Datuk Hamidin menilai, kericuhan yang terjadi pada Kamis 5 September 2019 bakal terus-menerus berulang jika pertandingan Indonesia vs Malaysia digelar di SUGBK. Selain dari Datuk Hamidin, sejumlah netizen di Twitter khususnya yang tinggal di luar Jakarta, mendorong agar PSSI tak selalu menggelar laga kandang Timnas Indonesia di SUGBK.

SUGBK

Sebab, masih ada sejumlah alternatif stadion yang dapat digunakan. Terlebih, stadion-stadion di bawah ini memiliki basis suporter yang cukup besar. Sebut saja Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung) dan Stadion Maguwoharjo (Sleman).

BACA JUGA: Lolos ke Piala Asia 2023, Target Realistis Timnas Indonesia

Sejauh ini, Timnas Indonesia kerap menggelar pertandingan di Stadion Pakansari Bogor, Patriot Candrabhaga Bekasi hingga Manahan Solo. Hanya saja, laga-laga tersebut hanyalah partai uji coba, bukan Kualifikasi Piala Dunia atau Piala Asia.

PSSI bisa mencontoh Thailand yang mulai berani memindahkan venue mereka. Biasanya, Thailand menggelar laga kandang di Stadion Rajamangala yang berada di Kota Bangkok. Stadion tersebut merupakan venue utama Timnas Thailand, yang mana memiliki kapasitas hingga 65.000 penonton.

Timnas Thailand

(Thailand saat bermarkas di Stadion Thammasat)

Namun, dalam dua laga kandang awal Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia kontra Vietnam dan Uni Emirat Arab (UEA), mereka berkandang di Stadion Thammasat. Stadion tersebut memang berada di Kota Pathum Thani, yang jaraknya tidak jauh dari Bangkok sebagai ibu kota negara.

Akan tetapi, keputusan yang diambil FA Thailand (PSSI-nya Thailand) layak diapresiasi. Sebab, mereka berani meninggalkan Stadion Rajamangala agar suporter di kota lain dapat merasakan sensasi mendukung Timnas Thailand.

Karena itu, menarik menanti respons PSSI pada laga-laga kandang Indonesia ke depan. Terdekat, pada Selasa 15 Oktober 2019 malam WIB, Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam. Sejauh ini, SUGBK masih jadi calon terkuat untuk dijadikan venue laga tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini