AFF Sambangi Sekretariat ASEAN Guna Bicarakan Piala Dunia 2034

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 06 51 2101556 aff-sambangi-sekretariat-asean-guna-bicarakan-piala-dunia-2034-8kcATuxYg1.jpg AFF berkunjung ke Sekretariat ASEAN (Foto: PSSI)

JAKARTA – Presiden Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF), Khiev Sameth, menyambangi Sekretariat ASEAN di Jakarta pada Rabu, 4 September 2019. Sameth ditemani oleh Wakil Presiden AFF, Ratu Tisha Destria, dan Sekjen AFF, Wiston Lee, pada kunjungan tersebut.

Rombongan AFF diterima langsung oleh Sekjen ASEAN, Dato Lim Jock hoi. Kunjungan itu bertujuan untuk membicarakan rencana AFF mengajukan ASEAN sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 ke FIFA. Pertemuan pada dua hari yang lalu itu adalah awal dan rencananya akan dilakukan lagi dalam beberapa bulan ke depan.

Sameth menilai jika ASEAN bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 maka banyak dampak positif yang akan diterima. Selain olahraga semakin berkembang ada juga manfaat ekonomi yang akan dirasakan ASEAN.

BACA JUGA: Jadi Calon Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021, Indonesia Minta Dukungan AFF

Selain membicarakan soal pengajuan ASEAN sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 ada hal-hal lain yang juga diperbincangan dalam pertemuan itu. AFF yakin pertemuan itu pun akan menjadi awal dari kerja sama jangka panjang antara kedua organisasi besar tersebut.

“Itu adalah pertemuan yang baik, saat kami membahas berbagai hal yang melibatkan olahraga di ASEAN. Di antara poin kunci adalah proposal bidding tuan rumah Piala Dunia 2034 di ASEAN. Pertemuan lebih lanjut dijadwalkan dalam beberapa bulan mendatang," ujar Sameth, seperti yang dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (6/9/2019).

“Dengan populasi 640 juta orang saat sepakbola menjadi olahraga nomor satu, kemudian pasar besar senilai 2,6 triliun dolar AS, ASEAN memiliki potensi untuk menjadi tempat yang ideal bagi acara olahraga terbesar di dunia. Ada banyak area yang bisa dikolaborasikan antara AFF dan ASEAN melalui sepakbola. Kami berharap pertemuan ini menjadi awal dari hubungan jangka panjang di antara kedua organisasi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini