nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Figo Tinggalkan Barcelona untuk Real Madrid pada 2000

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 11:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 09 51 2089937 alasan-figo-tinggalkan-barcelona-untuk-real-madrid-pada-2000-IJoOngSion.jpg Figo saat diperkenalkan sebagai pemain Madrid pada 2000. (Foto: EPA)

LUIS Figo dianggap sebagai salah satu pengkhianat terbaik pada abad ini. Meski tak lagi aktif sebagai pemain setelah memutuskan pensiun pada 2009 lalu, langkah kontroversial yang diambilnya saat memilih hengkang dari Barcelona ke Real Madrid mungkin takkan terlupakan.

Hal itu terjadi pada musim panas 2000. Kala itu, Figo yang menjadi salah satu pemain paling dipuji oleh fans Barcelona secara mengejutkan memilih hengkang ke Real Madrid yang notabene merupakan musuh bebuyutan Barcelona sejak lama.

Luis Figo

Keputusan bintang Portugal itu jelas menimbulkan pertanyaan besar. Sebelumnya, tidak banyak yang menyadari apa yang sebenarnya mendasari peraih Ballon d’Or 2000 itu pergi meninggalkan Camp Nou. Akan tetapi, Figo akhirnya mengungkapkan kalau salah satu alasannya hengkang ke Madrid lantaran tak lagi mendapat perlakuan yang layak dari manajemen Barcelona.

"Saya pikir Barcelona tidak memperlakukan saya dengan benar dengan tidak membayar saya sesuai kepentingan saya di klub. Kesempatan untuk bergabung dengan Real Madrid datang, tapi para direktur Barcelona menduga saya menggertak mereka,” ujar Figo saat mengomentari kepindahannya ke Real Madrid.

"Saya pikir mereka kemudian menggunakan fakta bahwa saya pergi untuk menunjukkan mereka memiliki masalah keuangan. Pada akhirnya, saat saya sudah mencapai kesepakatan dengan Real Madrid, mereka setuju memberikan apa yang saya minta dan ada kesempatan bagi saya untuk bertahan (di Barcelona),” tambahnya.

“Tetapi, sudah terlambat dan saya akhirnya pergi ke Real Madrid untuk menghindari masalah bagi agen saya, yang memiliki komitmen dengan mereka. Untuk itu saya memilih pergi dan bergabung dengan Madrid,” sambung eks penggawa Sporting Lisbon tersebut.

Infografis Luis Figo

Akan tetapi, sumber lain menyebutkan kalau kepindahan Figo ke Madrid tidak terlepas dari peran Florentino Perez. Kala itu, Perez mengiming-imingi fans Madrid akan mendatangkan sosok Figo kalau dirinya terpilih sebagai presiden tim.

Banderol sebesar 60 juta euro atau Rp915 milia (sudah ditambah bonus) pun digelontorkan Madrid untuk mendaratkan pemain jebolan akademi Sporting Lisbon itu ke Santiago Bernabeu pada 2000. Bersama Madrid, karier Figo pun terhitung gemilang. Ia memenangi trofi Ballon dOr 2000 dan juga pemain terbaik dunia 2001 ketika berseragam Los Blancos –julukan Madrid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini