nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Figo Maju sebagai Kandidat Presiden FIFA, namun Mundur di Tengah Jalan

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 14:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 09 51 2089930 figo-maju-sebagai-kandidat-presiden-fifa-namun-mundur-di-tengah-jalan-XOPYK9e4tj.jpg Figo sempat mencalonkan diri sebagai presiden FIFA pada 2015. (Foto: Andy Rain/EPA)

NAMA Luis Figo pernah meramaikan pencalonan Presiden FIFA pada 2015 lalu. Akan tetapi, mantan bintang Tim Nasional (Timnas) Portugal itu memilih untuk mengundurkan diri sebelum pemilihan dilakukan. Padahal sebelumnya, Figo sendiri cukup optimis dirinya bisa menggeser Sepp Blatter dalam pemilihan Presiden FIFA kala itu.

Pada kesempatan tersebut, Figo juga bersaing dengan beberapa nama lain seperti Pangeran Ali Bin Al Hussein dan David Ginola, yang sebelumnya telah mengumumkan bakal mencalonkan diri. Salah satu asalan kuat Figo ikut dalam pencalonan tersebut tak lain sebagai bentuk kepeduliannya kepada persepakbolaan dunia.

Luis Figo

"Saya peduli tentang sepak bola, jadi saya tidak menyukai apa gambaran tentang FIFA dalam beberapa tahun terakhir. Bila Anda mencari di internet dengan keyword FIFA, maka kata pertama yang keluar adalah skandal. Ini sangat tidak positif,"

"Pertama kami harus mencoba mengubah citra FIFA. Sepak bola seharusnya jauh lebih baik dari ini. Tahun lalu ketika saya masih di Brasil, saya melihat reaksi semua gambaran tentang FIFA dan saya pikir ada yang harus diganti. Perubahan dalam kepemimpinan, tata kelola, transportasi dan solidaritas menjadi mutlak,” lanjutnya.

Akan tetapi, secara mengejutkan mantan pemain termahal dunia itu memilih mengundurkan diri sebelum pemilihan dilakukan. Figo beralasan tidak yakin akan peluangnya dalam pemilihan tersebut. Tak berselang lama Figo justru menyesal akan keputusannya yang memilih untuk mundur.

Infografis Luis Figo

“Berdasarkan fakta dan hal yang terjadi pada saat kongres saya merasa saya tidak memiliki peluang, tapi saya menyesal sekarang,” ujar Figo saat itu.

Meskipun demikian, Figo mengaku yakin pada sosok Gianni Infantino yang menjadi Presiden FIFA terpilih kala itu. Ia yakin Infantino bisa membuat FIFA dan persepakbolaan dunia menjadi lebih baik. Sebagai catatan, pada pemilihan tersebut, Infantino terpilih untuk menggantikan kepemimpinan Sepp Blatter yang tumbang akibat tuduhan korupsi di tubuh FIFA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini