nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Figo, Pesepakbola Kedua Asal Portugal yang Sabet Trofi Ballon dOr

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 09:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 09 51 2089922 figo-pesepakbola-kedua-asal-portugal-yang-sabet-trofi-ballon-dor-HApfioumad.jpg Figo saat memenangi trofi Ballon dOr 2000. (Foto: Football Espana)

SEDERET prestasi diraih Luis Figo saat berseragam Real Madrid. Tak heran kalau pemain asal Portugal itu masuk dalam jajaran pemain terbaik yang pernah mereka dimiliki Madrid. Selama dalam balutan kostum Madrid, nama Figo cukup harum dengan berbagai gelar juara yang berhasil dikoleksinya.

Lima musim bermain untuk Madrid, Figo tercatat telah mengoleksi 245 kali pertandingan dengan menorehkan 56 gol dan 93 asisst untuk Los Blancos –julukan Madrid. Pencapaian tersebut membawa Figo meraih berbagai trofi individu.

Luis Figo

Salah satu yang paling prestisius adalah saat Figo meraih Ballon d’Or 2000. Mantan winger Portugal itu meraihnya berkat performa brilian bersama Madrid setelah hijrah dari Barcelona. Figo mengalahkan Zinedine Zidane (Prancis/Juventus) dan Andriy Shevchenko (Ukraina/AC Milan).

Pencapaian tersebut menjadikan Figo sebagai pemain Portugal kedua yang meraih penghargaan tersebut setelah Eusebio da Silva Ferreira, atau biasa disapa Eusebio yang pernah memperkuat Benfica pada medio 1961-1975.

Bukan tanpa alasan Figo meraih gelar Ballon d’Or 2000. Eks penggawa Sporting Lisbon itu sebenarnya sempat masuk kedalam nominasi pada edisi sebelumnya (1999). Akan tetapi, kala itu Figo hanya menempati posisi kelima di mana kala itu Rivaldo (eks rekannya di Barcelona) yang keluar sebagai juara.

Infografis Luis Figo

Akan tetapi, Figo gagal melengkapi torehan manisnya di ajang Pemain Terbaik Dunia 2000 karena kalah dari Zinedine Zidane. Akan tetapi, Figo akhirnya melengkapi koleksi trofi pribadinya dengan penghargaan Pemain Terbaik FIFA pada 2001.

Setelahnya, berbagai gelar juara pun terus diraih Figo bersama Los Blancos, di antaranya dua gelar Liga Spanyol, Piala Super Spanyol, hingga Liga Champions 2001-2002. Melihat sederet prestasi di atas, karier sepakbola Figo bisa dibilang sangatlah mentereng.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini