nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Transfer Kontroversial yang Dibuat Barcelona

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 15 Juli 2019 19:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 15 51 2079268 3-transfer-kontroversial-yang-dibuat-barcelona-uVG58UJYq8.jpg Antoine Griezmann (Foto: Reuters)

JUARA Liga Spanyol musim lalu, Barcelona, telah beberapa kali membuat transfer besar hingga saat ini. Akan tetapi, ada beberapa dari transfer itu yang dibaluti kontroversi meskipun Barcelona selalu berhasil menangani masalah yang timbul dengan baik.

Para pemain yang terlibat dalam transfer berbalut kontroversi itu mampu memberikan efek positif untuk Barcelona. Berikut tiga transfer kontroversial yang dibuat Barcelona, seperti yang dikutip dari Sportskeeda, Senin (15/7/2019).

3. Luis Figo

Pengenalan Luis Figo sebagai pemain Real Madrid (Foto: Sportskeeda)

Luis Figo adalah salah satu bintang Barcelona pada era 90-an akhir. Pemain berpaspor Portugal itu berjasa besar dalam membangun nama besar Barcelona sebagai tim besar Eropa dengan menjuarai beragam trofi bergentis dari 1997-1999.

Namun, Barcelona memutuskan untuk menjual Figo ke Real Madrid pada 1 Juli 2000 dengan mahar 60 juta euro atau sekira Rp941 miliar. Transfer itu pun membuat gempar seluruh dunia khususnya penikmat Liga Spanyol. Hal tersebut berbuntut pelemparan kepala babi ketika Madrid bertandang ke markas Barcelona, Camp Nou, dalam laga bertajuk El Clasico musim itu.

2. Neymar Jr

Pengenalan Neymar Jr sebagai pemain Barcelona (Foto: Sportskeeda)

Neymar Jr adalah salah satu transfer terbaik yang dilakukan Barcelona. Pemain berpaspor Brasil itu didatangkan Barcelona dari Santos dengan total mahar 88,20 juta euro atau sekira Rp1,3 triliun pada musim panas 2013. Akan tetapi, sebelumnya Barcelona menutupi keseluruhan biaya transfer Neymar untuk mengakali pajak.

Hal itu berbuntut masalah karena otoritas Spanyol menyelidiki masalah tersebut sehingga Blaugrana –juukan Barcelona– pun harus menerima denda 4,4 juta pounds atau sekira Rp69 miliar. Permasalahan itu menjadi noda dalam sejarah besar Barcelona.

1. Antoine Griezmann

Antoine Griezmann (Foto: Barcelona)

Transfer kontroversial terakhir yang menyeret Barcelona adalah perekrutan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid di musim panas 2019 ini. Griezmann dibeli Barcelona dengan mahar 120 juta euro atau sekira Rp1,8 triliun.

Namun, mahar itu dipermasalahkan Atletico karena Griezmann seharusnya bernilai 200 juta euro atau sekira Rp3,1 triliun. Uang senilai 200 juta euro itu adalah harga Griezmann sebelum turun menjadi 120 juta euro pada awal Juli 2019.

Sebab, kesepatakan soal transfer Griezmann antara Atletico dengan Barcelona terjadi sebelum Juli maka Los Rojiblancos –julukan Atletico– menilai mahar yang seharusnya diterima adalah 200 juta euro. Griezmann kini telah resmi menjadi bagian Barcelona tetapi kontroversi belumlah selesai.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini