nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asuhan sang Nenek Berjasa Besar untuk George Weah

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 22 Juni 2019 08:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 21 51 2069276 asuhan-sang-nenek-berjasa-besar-untuk-george-weah-UGlemM5REV.jpg George Weah beraksi mengolah si kulit bundar dalam laga amal (Foto: Getty Images)

LAHIR di keluarga kurang mampu membuat George Weah bertekad untuk memperbaiki hidupnya lewat sepakbola. Lelaki kelahiran Monrovia, Liberia, pada 1 Oktober 1966 itu juga harus menerima fakta pahit, yakni perceraian keluarga ketika usianya masih muda.

George Weah terlahir di Distrik Clara Town yang merupakan salah satu kawasan paling kumuh dan terbelakang di Liberia. Ayah kandungnya, William Weah, berprofesi sebagai mekanik, sementara ibunya Anna Quayeweah adalah seorang pedagang.

William dan Anna sepakat untuk bercerai ketika George Weah masih bayi. Ia lantas dibesarkan oleh sang nenek dari pihak ayahnya, Emma Klonjlaleh Brown, yang seorang penganut Kristiani taat. Weah diketahui memiliki tiga orang saudara, yakni William, Moses, dan Wolo.

George Weah semasa kecil

Selain membesarkan George dan tiga saudaranya, Emma juga turut mengasuh sembilan anak lainnya. Meski begitu, berkat sang nenek, George Weah mampu mengenyam pendidikan hingga setara Sekolah Menengah Atas (SMA) meski tidak tamat.

Perkenalannya dengan sepakbola dimulai ketika bermain untuk tim muda klub Young Survivors di usia 15 tahun. George Weah sempat berpindah-pindah klub, seperti ke Mighty Barrolle dan Invincible Eleven, sebelum bakatnya terendus tim-tim Eropa.

Sambil rutin bermain sepakbola, George Weah juga bekerja sebagai teknisi papan wesel untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Liberia Telecommunications Corporation selama beberapa tahun. Beruntung, ia mampu membagi waktu antara pekerja kantoran dengan sepakbola secara seimbang.

Infografis mengenai George Weah

George Weah kemudian menikah dengan Clar Weah. Pertemuan keduanya juga cukup unik. Clar yang merupakan warga negara Amerika Serikat (AS), bekerja sebagai pegawai bank di Negeri Paman Sam. George Weah yang ingin membuka rekening, terpikat dengan pesona serta kesederhanaan Clar hingga memutuskan memadu kasih dan menikah.

Rumah tangga George Weah dan Clar kini dianugerahi tiga orang anak, George Junior, Tita, dan Timothy. Kedua putranya, yakni George Junior dan Timothy Weah, mengikuti jejak ayahnya dengan menjadi pesepakbola dan memperkuat Paris Saint-Germain (PSG)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini