nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Belanda Kalah dari Portugal di Final UEFA Nations League A

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 10 Juni 2019 13:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 10 51 2064925 penyebab-belanda-kalah-dari-portugal-di-final-uefa-nations-league-a-MCQhsKZOQB.jpg De Jong (kiri) gagal bawa Belanda juara UNL A 2018-2019. (Foto: @UEFAEURO)

PORTO – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Portugal, Fenando Santos, mengungkapkan kunci sukses timnya mengalahkan Belanda 1-0 di final UEFA Nations League A, Senin (10/6/2019) dini hari WIB. Santos mengaku, membatasi pergerakan gelandang Belanda, Frenkie De Jong, menjadi kunci sukses Portugal meraih kemenangan di laga tersebut.

De Jong bisa dibilang salah satu kreator permainan terbaik di dunia saat ini. Gelandang 23 tahun itu pintar membaca arah permainan. Selintas, gaya permainan De Jong tak jauh berbeda dengan eks gelandang Barcelona dan Spanyol, Xavi Hernandez.

Frenkie De Jong

(De Jong saat berebut bola dengan Cristiano Ronaldo)

Karena itu, Santos tak mau De Jong bebas berkreasi, layaknya di laga-laga sebelumnya. Atas alasan itu, eks pelatih Sporting Lisbon itu menginstruksikan tiga gelandang Portugal yakni William Carvalho, Bruno Fernandes dan Danilo Pereira untuk langsung mengurung De Jong, tiap kali gelandang anyar Barcelona itu menguasai bola.

BACA JUGA: Bahagianya Cristiano Ronaldo Sabet Trofi UEFA Nations League A

Akibat De Jong dikunci, Belanda pun gagal mencetak banyak peluang. Meski dominan dengan penguasaan bola mencapai 57 persen, namun tim asuhan Ronald Koeman itu hanya melesakkan satu shot on target.

Hal itu berbeda dengan Portugal yang melepaskan tujuh shot on target. Bahkan satu di antaranya masuk ke gawang Belanda kawalan Jasper Cillesen, tepatnya lewat aksi Goncalo Guedes di menit 60.

 Frenkie De Jong

(De Jong, pemain terbaik UNL A 2018-2019)

“Kami menyadari kualitas De Jong, seorang kreator permainan hebat yang memiliki potensi besar. Kami tahu jika kami membatasi kebebasannya, kami dapat berbicara banyak. Karena itu, saya menginstruksikan para pemain saya untuk mengurung De Jong tiap kali ia menguasai bola,” kata Santos mengutip dari Goal, Senin (10/6/2019).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini