nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beckham Ungkap Rahasia Sukses Ferguson yang Tak Dimiliki Klub Sekarang

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Jum'at 17 Mei 2019 03:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 17 51 2056747 beckham-ungkap-rahasia-sukses-ferguson-yang-tak-dimiliki-klub-sekarang-OQh2azaVDX.jpg David Beckham dan Sir Alex Ferguson (Foto: AFP)

LONDON – Tak ada yang memungkiri bahwa Sir Alex Ferguson merupakan salah satu manajer sepakbola terbaik yang pernah ada dalam sejarah. Berbagai trofi dan gelar juara telah berhasil disabet oleh pria berpaspor Skotlandia tersebut. Menanggapi kesuksesan Ferguson, legenda sepakbola Inggris, David Beckham pun membeberkan rahasia sang manajer, yang menurutnya tak dimiliki banyak klub sekarang.

Beckham menerangkan bahwa Ferguson adalah sosok yang tidak pernah takut dengan perubahan. Maksudnya, Ferguson tak pernah takut untuk mendepak para pemain bintang guna memberi tempat kepada pesepakbola yang lebih muda. Beckham memandang hal itu sebagai senjata utama Ferguson untuk membawa Manchester United terus tampil kompetitif di bawah arahannya.

(Baca juga: Anak Kesayangan Ferguson Segera Dapat Jabatan di Man United)

Sir Alex Ferguson

“Ada satu hal yang selalu menjadi keahlian bos - itu sebabnya dia sangat bagus, mengapa dia menjadi manajer yang paling menghiasi di sepakbola, mengapa dia bisa sesukses itu - adalah karena dia selalu bisa berubah,” beber Beckham, melansir dari Manchester Evening News, Jumat (17/5/2019).

“Dia akan selalu keluar dan membeli pemain baru yang hebat tahun depan, bahkan setelah memenangkan treble winner, atau double, atau memenangkan liga. Dia tahu Anda harus terus mengalami peningkatan. Ketika tiba saatnya bagi saya, Scholsey, Butty, Giggsy, Gary dan Phil untuk masuk ke tim, ia menjual Andrei Kanchelskis, Mark Hughes dan Paul Ince - tiga pemain terbaik dalam sejarah Man United,” lanjutnya.

Sir Alex Ferguson dan David Beckham

“Kami semua terkejut, namun kemudian itu menunjukkan kepercayaan yang ia miliki terhadap kami sebagai pemain muda. Tetapi juga ketika tiba saatnya bagi saya untuk pindah, itu tidak masalah. Dia kejam dalam hal itu, namun itulah yang membuatnya hebat, apa yang membuatnya sukses," pungkas Beckham.

Keberanian seperti yang dimiliki Ferguson tersebut dalam melakukan perombakan tim tentunya tak lagi banyak ditemukan sekarang. Umumnya, klub-klub baru akan melakukan perombakan setelah mereka mengalami keterpurukan. Hal itu jelas berbeda dengan Ferguson yang selalu berani melakukan perubahan sebelum hasil minor datang.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini